Hiburan Minggu, 25 Desember 2022 | 15:12

Meninggal Dunia, Jenazah Ridwan Saidi Disemayamkan di Bintaro

Lihat Foto Meninggal Dunia, Jenazah Ridwan Saidi Disemayamkan di Bintaro Tokoh budaya Betawi, Ridwan Saidi. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia pada usia 80 tahun setelah menjalani perawatan medis di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan karena sakit. Saat ini, Jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Bintaro Jaya.

Kabar duka telah dikonfirmasi pihak keluarga dalam keterangan tertulisnya. Ridwan Saidi, disebut meninggal dunia pada Minggu, 25 Desember 2022 pukul 08.35 WIB.

"Telah berpulang dengan tenang suami, ayah dan dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi pada Ahad, 25 Desember 2023 pukul 08.35 WIB," kata pihak keluarga, dikutip Opsi pada Minggu, 25 Desember 2022.

Saat ini, jenazah mendiang Ridwan Saidi disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Jalan Merak II blok N3 No 31 Bintaro Jaya 1 Jakarta 12330.

Pihak keluarga berjanji bakal menginformasikan lebih lanjut terkait lokasi, waktu shalat, dan pemakaman almarhum.

Tokoh budaya Betawi, Ridwan Saidi. (Foto: Twitter/fahiraidris)

Ridwan Saidi sendiri dikenal publik sebagai budayawan Betawi, sejarawan, dan intelektual Islam, dan politikus yang sempat terjun langsung di kancah politik praktis.

Pria yang lahir pada 2 Juli 1942 itu, sempat menjadi anggota DPR melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 1977-1987.

Ridwan yang tercatat sebagai lulusan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Indonesia itu juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada periode 1974-1976.

Politikus Fadli Zon dalam cuitannya di media sosial Twitter mengatakan, peninggalan sejarah berupa buku dan koleksi musik milik mendiang Ridwan Saidi telah terintegrasi di perpustakaan miliknya.

"Turut berduka cita wafatnya B Ridwan Saidi, politisi kawakan, pemikir, penulis, sastrawan, budayawan," kata Fadli Zon.

Baca juga: Tokoh Sejarah dan Budaya Betawi Ridwan Saidi Meninggal Dunia

Baca juga: Seniman dan Budayawan Remy Sylado Meninggal Dunia

"Saya kenal lebih dari 30 tahun lalu. Ribuan koleksi buku kuno dan seratusan piringan hitamnya sudah terintegrasi di @FadliZonLibrary sejak 2009. Merasa kehilangan tokoh hebat ini," tutur dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya