Daerah Selasa, 27 September 2022 | 06:09

Meningkatkan Kolaborasi dan Sinergitas di Peringatan Hari Agraria

Lihat Foto Meningkatkan Kolaborasi dan Sinergitas di Peringatan Hari Agraria Upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2022 di halaman Kantor Pertanahan Kota Cirebon. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2022 diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi saat memimpin upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2022 di halaman Kantor Pertanahan Kota Cirebon, Senin 26 September 2022.

“Atas nama Pemda Kota Cirebon, kami mengucapkan selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2022,” ungkap Agus.

Agus berharap momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun ini dapat lebih meningkatkan sinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Cirebon.

“Selama ini kami juga sudah melakukan kolaborasi, kerja sama dan sinergitas yang baik dengan Badan Pertanahan Nasional,” ujarnya.

Salah satunya yaitu penyelesaian rencana detail tata ruang (RDTR) yang saat ini sudah diintegrasikan dalam Online Single Submission (OSS).

“Pekerjaan rumah selama 12 tahun selesai dan sudah kita input di dalam sistem perizinan terintegrasi,” tutur Agus.

Selain itu, sambung Agus, sinergitas juga mencakup pemanfaatan nilai bidang tanah. Ini berarti objek pajak yang ada di BPKPD Kota Cirebon dengan yang ada di Kantor Pertanahan Nasional sudah sama, baik lokasi, luas lahan dan pemiliknya.

Antara Pemda dan BPN Kota Cirebon juga memiliki nilai tanah yang sama untuk menentukan nilai jual objek pajak, nilai pasar dan nilai bidang tanah.

“Terima kasih telah diberikan kesempatan untuk akses dan update untuk kepentingan pendapatan dan penataan ruang di Kota Cirebon,” kata Agus.

Kolaborasi yang telah dilakukan diharapkan menjadi upaya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Pemda dan BPN ini kolaborasinya luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Cirebon, Ruminah, menjelaskan kolaborasi yang baik selama ini telah terjalin dengan Pemda Kota Cirebon.

“Belum lama ini juga telah dilakukan konsultasi publik untuk revisi RTRW,” tutur Ruminah. Ada pun bidang tanah di Kota Cirebon menurut Ruminah sebanyak 90 persen sudah bersertifikat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya