News Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:08

Menko PMK Sebut Aktif di Pramuka Biasanya Bermental Bagus

Lihat Foto Menko PMK Sebut Aktif di Pramuka Biasanya Bermental Bagus 80 peserta Jamnas Pramuka XI mengunjungi Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Opsi/Kemenko PMK).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus dan jelang HUT RI ke-77, peserta Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 berkunjung ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), pada Senin, (15/8)

Sebanyak 80 orang peserta Jamnas XI yang berasal dari Kwartir Bengkulu, Jateng, DIY, Sulsel, Kaltim, NTT dan Gorontalo ini disambut hangat oleh Menko PMK Muhadjir Effendy beserta seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkup Kemenko PMK. 

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan tempat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai Revolusi Mental pada anak-anak dan remaja.

Menurutnya, nilai-nilai yang diharapkan dari Revolusi Mental yakni Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Royong, kesemuanya ada di dalam Gerakan Pramuka.

"Pramuka itu tempat yang ideal untuk membangun mental para remaja. Siapapun yang aktif di Pramuka itu biasanya mentalnya bagus," ujar Menko PMK saat menyampaikan arahan di hadapan adik-adik penggalang Pramuka peserta Jamnas XI.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan, di Gerakan Pramuka, para penggalang diajarkan jujur dan tanggung jawab. Kemudian diajarkan sikap sportif, kerja keras, pantang menyerah, berani mengambil resiko, dan juga gotong royong.  

"Nilai-nilai Revolusi Mental untuk membangun mental ini semuanya ada di Pramuka," ucapnya. 

Baca juga: HUT ke-77 RI, HMI dan Pramuka Abdya Kibarkan Bendera di Puncak Gunung

Menko PMK dalam kesempatan itu didampingi oleh Kakak Pembina Muhammad Nur dari Kwartir Cabang Makassar, Kakak Pembina M. Mulyadi dari kwartir cabang DIY, Kakak Pembina Luni Purcahyah dari Kwartir Cabang Pemalang.

Menko PMK juga disapa sebagai `Kakak` oleh para adik-adik Penggalang Pramuka. Kakak Menko Muhadjir memiliki harapan besar kepada para adik-adik penggalang pramuka supaya menjadi manusia dengan mental yang baik, dan menjadi pemimpin bijak di masa depan.

"Beruntunglah adik-adik yang menjadi Pramuka dan dibina oleh kakak pembina yang mumpuni. Saya doakan kunjungan adik-adik di Kemenko PMK akan mendapatkan pengalaman berarti yang akan teringat seumur hidup. Saya doakan semuanya berhasil," pungkasnya. 

Baca juga: Erick Thohir: Bersih-bersih BUMN Bukan Program yang Hanya Ingin Menangkap

Kunjungan yang dilakukan oleh Jamnas XI bertujuan untuk mengedukasi para Penggalang Pramuka terkait kelembagaan pemerintahan serta meningkatkan wawasan tentang pembangunan manusia dan kebudayaan. 

Rangkaian kunjungan peserta Jamnas XI dimulai dengan sosialisasi terkait tugas dan fungsi dari Kemenko PMK oleh masing-masing deputi. Juga diadakan kuis interaktif yang mengundang kemeriahan para peserta.

Selanjutnya, para peserta Jamnas XI melanjutkan berkunjung ke ruangan kerja di setiap unit kerja Kemenko PMK, termasuk perpustkaan, klinik, situation room dan ruangan tiap unit kerja. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya