Daerah Selasa, 27 Agustus 2024 | 12:08

Menpora Minta Penggunaan Anggaran PON Aceh-Sumut Tepat Sasaran

Lihat Foto Menpora Minta Penggunaan Anggaran PON Aceh-Sumut Tepat Sasaran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Foto:Istimewa)

Siantar - Hasil rapat persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatra Utara (Sumut) menetapkan venue atau lokasi cabang olahraga (cabor) tinju di Kota Pematangsiantar. 

Pada pelaksanaan rapat itu, Sekda Junaedi Antonius Sitanggang mewakili Wali Kota Siantar Susanti Dewayani di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan, Senin, 26 Agustus 2024.

Rapat yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melalui video conference ini turut dihadiri seluruh jajaran Forkompinda Provinsi Sumut, bupati, dan wali kota penyelenggara venue, serta seluruh panitia.

Dito menekankan pentingnya ketepatan penggunaan anggaran pada penyelenggaraan PON XXI di Aceh-Sumut untuk menuju sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses ekonomi daerah.

"Saya mohon terkait dengan penggunaan anggaran semuanya, harus sesuai dan tepat. Jangan sampai ada celah, kita di sini bersama saling menjaga agar penyelenggaraan PON ini bisa dilakukan secara akuntabilitasnya, baik dan menyelamatkan semuanya yang ada di sini," kata Dito dalam keterangan yang diterima, Selasa, 27 Agustus 2024.

Sementara, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni berharap semua pihak dapat melaksanakan tugas masing-masing secara cermat dan tepat, khususnya terkait penggunaan anggaran agar akuntabilitas penyelenggaraan PON XXI, khususnya di wilayah Sumut.

"Kita harus lakukan dengan cermat, akuntabilitasnya harus kita jaga baik dari sisi proses, sisi administrasi, dan juga dari sisi pelaksanaan di lapangan. Sesuai arahan Mas Menteri, pembahasan secara detail dan rinci akan kita bahas dari masing-masing bidang," tutur Agus.

Sementara, Sekda Kota Siantar Junaedi Antonius Sitanggang menjelaskan bahwa venue tinju tetap dilaksanakan sejak tanggal 10-19 September 2024 di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

"Peralatan dan kebutuhan lapangan dipersiapkan oleh panitia dari PB PON dan provinsi. Kita hanya memfasilitasi tempat dan beberapa hal lainnya," ucap Junaedi.

Diketahui, PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut akan dilaksanakan 9-20 September 2024.

Pagelaran itu akan mempertandingkan 65 cabang olahraga, yakni Aceh menggelar 33 cabang olahraga yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. 

Sementara, Sumut akan mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 6.618 atlet dan 3.320 official.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya