Daerah Rabu, 14 September 2022 | 21:09

Mensos Risma Tinjau Penyaluran BLT di Aceh

Lihat Foto Mensos Risma Tinjau Penyaluran BLT di Aceh Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau penyaluran BLT BBM di Banda Aceh. (Foto: Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meninjau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Banda Aceh, Rabu, 14 September 2022.

Menteri Risma mengingatkan penerima BLT pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tidak menggunakannya membeli rokok.

"Tapi digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok," kata Mensos.

Dia berharap BLT BBM digunakan untuk mendukung kenaikan harga dan bukan untuk kepentingan lain seperti beli rokok dan lainnya.

Dia mengatakan, Kemensos menyalurkan BLT pengalihan subsidi BBM kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nominal Rp 12,4 triliun melalui PT Pos Indonesia.

Lanjutnya, penyaluran BLT ini Rp 150 ribu per bulan per KPM selama empat bulan dan disalurkan dalam dua tahap.

Kemudian, juga akan diberi anggaran tambahan bagi penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Non Tunai (BPNT).

"Di Aceh, ada sebanyak 516.197 KPM yang tersebar seluruh kabupaten/kota," tuturnya.

Saat ini, tambahnya, setiap KPM langsung menerima Rp 300 ribu untuk September dan Oktober. Kemudian ditambah BPNT atau sembako sebesar Rp 200 ribu.

"Jadi rata-rata menerima Rp 500 ribu. Nanti dua bulan lagi akan diterima bulan Desember. Untuk Aceh target penyaluran hari Minggu ini sudah selesai," ucap Mensos Risma.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya