News Minggu, 01 Mei 2022 | 19:05

Menteri Agama: Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 Mei 

Lihat Foto Menteri Agama: Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 Mei  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat penepatan 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu 1 Mei 2022. (Foto: Setkab)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Keputusan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. 

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal yang sudah terlihat, secara mufakat sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 Masehi,” ujar Menteri Yaqut di Jakarta, Minggu, 1 Mei 2022.

Dia menegaskan, dalam melaksanakan sidang isbat Kemenag selalu menggunakan dua metode yang selama ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Baca juga:

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H

Metode hisab atau dengan cara perhitungan dan metode rukyat atau dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.

Dikatakannya, informasi hitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 tempat titik rukyat di 34 provinsi di seluruh Tanah Air.

"Dari 99 titik ini, ada yang melaporkan melihat hilal,” ujarnya.

Dengan hasil sidang isbat, Menteri Yaqut berharap seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan idul fitri secara bersama-sama.

“Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia dan kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa ini lebih baik secara bersama-sama,” katanya.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya