News Minggu, 03 April 2022 | 17:04

Menteri BUMN Erick Thohir, Figur Kuat Cawapres 2024

Lihat Foto Menteri BUMN Erick Thohir, Figur Kuat Cawapres 2024 Erick Thohir dan Jokowi. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dari hasil simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dibeberkan Indikator Politik Indonesia, nama Menteri BUMN Erick Thohir selalu masuk dan berpeluang menang atas pasangan lainnya.

Terungkap dari rilis survei nasional yang disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi bertajuk `Trust terhadap Institusi Politik, Isu-isu Mutakhir, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu Serentak 2024` pada Minggu, 3 April 2022. 

Disebutkan, dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, Anies - AHY (27,4 persen) Vs Ganjar - Erick (32,2 persen) Vs Prabowo - Puan (28,7 persen).

Anies - AHY (27,1 persen) Vs Ganjar - Airlangga (29,7 persen) Vs Prabowo - Erick (31 persen).

Anies - AHY (29,2 persen) Vs Ganjar - Puan (26,9 persen) Vs Prabowo - Erick (31,8 persen).

Anies - Erick (26,2 persen) Vs Ganjar - Airlangga (31,2 persen) Vs Prabowo - Puan (29.4 persen).

Sedangkan bila simulasi dua pasangan nama, Anies - Erick (41,1 persen) Vs Prabowo - Puan (38,9 persen).

Ganjar - Erick (41,8 persen) Vs Prabowo - Puan (39 persen).

Ganjar - Puan (33,1 persen) Vs Prabowo - Erick (47,5 persen).

Ganjar - Anies (44,1 persen) Vs Prabowo - Erick (39,7 persen).

Sementara itu, Sekjen MPN Pusat Kedaulatan Rakyat (PAKAR), Abi Rekso Panggalih, menilai Erick Thohir layak diusung jadi Capres 2024. 

Alasannya, Erick relatif diterima oleh anak-anak muda dan memiliki karakter kepemimpinan yang sama dengan Presiden Jokowi.

“Kami melihat figur Pak Erick Thohir cukup diterima oleh teman-teman muda dan dari berbagai indikator, kinerja dan cara pengambilan keputusan bisa menjadi poin penting untuk melihat figur seorang Erick Thohir yang memang memiliki relevansi dan kesamaan dalam kepemimpinan (Presiden Jokowi). Oleh karena itu, kami dengan sukarela mendukung Beliau untuk Pilpres 2024,” kata Abi, dilansir dari situs Partai Solidaritas Indonesia.

Baca juga: Calon Presiden Pengganti Jokowi, Hanya Berkutat di Tiga Sosok Ini

Selain itu, lanjut Abi, selama menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick telah menunjukkan sikap tegak lurus pada Presiden Jokowi dan ikut membawa perubahan positif.

“Kami yakin bahwa apa yang jadi spirit kerja Pak Erick itu tegak lurus dengan Pak Jokowi. Sejak 2019 awal saya banyak terlibat dalam suksesi kepemimpinan, kami yakin Pak Jokowi akan banyak membawa perubahan dan itu ternyata terjadi, saya meyakini hal itu ada pada diri Pak Erick Thohir,” lanjut kader NU itu.

Baca juga: Swing Voters Hampir 50 Persen, Erick Thohir Pun Berpeluang di Pilpres 2024

Lebih jauh dia menambahkan, kepantasan Erick Thohir untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang, tak terlepas dari pencapaian gemilang dalam membenahi perusahaan-perusahaan berpelat merah.

Salah satu prestasi Erick, ucap Abi, yaitu melakukan holdingisasi BUMN. Dengan strategi ini, Erick berhasil menyelamatkan citra dan kinerja BUMN yang selama ini kadung buruk.

Meskipun holdingisasi BUMN bukan barang anyar, namun di tangan Erick skema itu benar-benar dijalankan dan terlihat manfaatnya.

“Semua orang tahu bahwa tidak sedikit BUMN yang merugi, busuk, bahkan nyawa menjadi lahan bisnis yang mencari keuntungan untuk pejabat-pejabat BUMN. Tapi Pak Erick turun tangan langsung, melakukan holdingisasi, melakukan perbaikan, dan relokasi anggaran-anggaran kurang penting dipotong dan kemudian diarahkan menjadi sesuatu hal yang positif buat BUMN,” papar dia.

Masih dalam skema holdingisasi, tambah Abi, Erick juga mentransformasi lini bisnis anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk fokus pada penguatan UMKM dan membentuk Holding BUMN Pangan, ID Food, sebagai upaya antisipasi terjadinya krisis pangan dan menghadapi kartel bahan pangan.

Berkat tangan dingin Erick mengelola bisnis, imbuh Abi, BUMN memperoleh total keuntungan mencapai Rp 61 triliun di tahun 2021. Angka itu melonjak bila dibandingkan laba perseroan sebesar Rp 13 triliun pada tahun 2020.

“Ini bukan semata-mata laporan keuangan diotak-atik, tapi harus dilihat ada kepemimpinan yang kuat yang dimiliki Pak Erick Thohir, sehingga membangun semangat korps BUMN untuk bisa lebih maju. Ditambah lagi terobosan-terobosan adanya Rumah BUMN, BUMN Muda Milenial,” tuturnya.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya