News Selasa, 10 Mei 2022 | 14:05

Menteri Luhut Bilang Pengangguran Menurun di Masa Pandemi Covid-19

Lihat Foto Menteri Luhut Bilang Pengangguran Menurun di Masa Pandemi Covid-19 Menko Luhut Binsar Pandjaitan dengan Elon Musk. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Klaim kondisi ekonomi Indonesia tetap membaik di tengah pandemi dan momen idulfitri diutarakan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bahkan katanya, pengangguran juga menurun.

Hal itu disampaikan Menteri Luhut selepas mengikuti rapat kabinet dengan Presiden Jokowi pada Senin, 9 Mei 2022 kemarin.

Menteri Luhut bilang, kondisi perekonomian Indonesia di tengah momen Idulfitri hingga saat ini sangat terkendali. 

Pria latar belakang militer itu menyebut, momen tersebut memberikan pemulihan aktivitas ekonomi yang begitu tinggi dan mobilitas masyarakat yang juga sangat cepat.

“Mobilitas masyarakat tercatat keluar rumah meningkat hingga 48,1 persen dibandingkan baseline. Selain itu, Indeks Belanja Mandiri meningkat hingga 31 persen lebih tinggi dibandingkan puncak Lebaran tahun 2021 yang lalu,” ujarnya dilansir dari laman setkab, Selasa, 10 Mei 2022.

Baca juga:

Luhut Pandjaitan Sebut Tak Ada Lagi Daerah yang Terapkan PPKM Level 4

Menteri Luhut katakan, situasi pandemi yang terus membaik terjadi berkat langkah-langkah pengendalian dilakukan secara efektif. Kinerja perekonomian Indonesia pun tetap terjaga.

Dia berujar, kinerja pertumbuhan ekonomi Q1 (kuartal I) tetap pada posisi yang kuat, tumbuh dengan 5,01 persen.

Didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang solid, yang meskipun dihadapkan pada tekanan varian Omicron, angka ini relatif baik dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Katanya lagi, langkah efektif yang diambil Pemerintah Jokowi dalam penanganan pandemi ini juga memberikan dampak penurunan tingkat pengangguran.

Semula pada posisi 6,26 persen pada periode Februari 2021, menurun hingga posisi 5,83 persen pada periode Februari 2022. 

“Hal ini membawa dampak yang positif bagi pemulihan ekonomi Indonesia,” ujar Luhut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya