Hukum Senin, 19 Juni 2023 | 13:06

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Diperiksa 3,5 Jam di KPK

Lihat Foto Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Diperiksa 3,5 Jam di KPK Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah meninggalkan gedung KPK selepas dirinya diperiksa kurang lebih tiga jam sejak pukul 09:30 WIB, Senin, 19 Juni 2023.

KPK kembali memanggil Syahrul Yasin Limpo, setelah tidak hadir pada Jumat, 16 Juni 2023 lalu.

Syahrul datang ke Gedung C1 atau Gedung KPK lama dan diperiksa mulai sekitar pukul 09.30 WIB. 

Syahrul selesai diperiksa meninggalkan gedung KPK sekitar pukul 13:00 WIB. Belasan awak media mencegat Syahrul untuk memberikan keterangan pers terkait pemeriksaan dirinya.

Namun Syahrul tidak memberikan keterangan dan langsung meninggalkan gedung anti rasuah. 

Hal serupa dari pihak KPK, belum menjelaskan terkait pemeriksaan Syahrul, termasuk kapasitas dirinya dimintai keterangan.

BACA JUGA: KPK Panggil Syahrul Yasin Limpo, Kabarnya Dipenuhi

Diketahui, dugaan korupsi di Kementerian Pertanian telah diusut KPK sejak awal Januari 2023. Puluhan orang pun sudah dipanggil untuk dimintai keterangan.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Guntur menyebut, kasus itu masih dalam proses penyelidikan.

Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat chat WhatsApp pada Rabu, 14 Juni 2023, mengakui KPK tengah melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," kata Ali Fikri kepada Opsi.

Ini menurut dia, sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang diterima KPK, sehingga kemudian KPK menindaklanjuti pada proses penegakan hukum.

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," terangnya.

Ali Fikri tidak merinci secara lebih jauh soal terseretnya nama Mentan Syahrul Yasin Limpo. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya