News Kamis, 03 November 2022 | 12:11

Menteri PUPR: Infrastruktur Konektivitas Pendukung KTT G20 Tunjang Ekonomi Masyarakat

Lihat Foto Menteri PUPR: Infrastruktur Konektivitas Pendukung KTT G20 Tunjang Ekonomi Masyarakat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.(Foto:Istimewa)

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peningkatan infrastruktur konektivitas pendukung KTT G20 di Bali dapat menunjang perekonomian masyarakat.

"Akses jalan yang semakin baik juga akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar dengan bangkitnya sektor pariwisata," kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Kamis, 3 November 2022.

Menurutnya, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan dan jembatan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan para pengguna jalan.

Kementerian PUPR tengah menyelesaikan tahap akhir pekerjaan peningkatan dan pembangunan jalan baru guna mendukung konektivitas penyelenggaraan Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Dukungan infrastruktur jalan dan jembatan di Bali meliputi preservasi ruas Simpang Pesanggaran hingga Nusa Dua, preservasi Jalan Jimbaran–Uluwatu, dan penataan lansekap bundaran, pedestrian, dan median jalan mulai dari ruas Jalan Bandara Ngurah Rai hingga ke lokasi pelaksanaan G20, termasuk penataan akses jalan dan kawasan parkir Garuda Wisnu Kencana (GWK) serta peningkatan kualitas jalan akses Tampak Siring.

Pekerjaan dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dengan biaya APBN senilai Rp 241,4 miliar dan progres pekerjaannya 95,95 persen dengan target selesai 10 November 2022.

Dukungan lainnya adalah peningkatan jalan Sp Siligita - Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km dengan kontraktor PT Waskita Karya yang menelan biaya APBN Rp 141,42 miliar dan progresnya sudah 100 persen.

Selanjutnya penataan Jalan Tol Bali-Mandara oleh PT Jasa Marga dengan anggaran Rp 74,8 miliar telah selesai Juli 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya