Daerah Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:08

Meriahkan HUT RI ke 77, Masyarakat Bambu Mamuju Upacara Bendera di Laut

Lihat Foto Meriahkan HUT RI ke 77, Masyarakat Bambu Mamuju Upacara Bendera di Laut Upacara bendera yang dilaksanakan warga Desa Bambu, Mamuju, Sulbar, di laut. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Meriahkan HUT kemerdekaan RI ke 77, masyarakat Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar upacara bendera dan detik-detik proklamasi di laut Mamuju, Rabu, 17 Agustus 2022.

Ratusan warga terlihat ikut memeriahkan dan menyaksikan agenda sekali setahun itu, bahkan mengabaikan dengan kamera ponsel mereka.

Upacara tersebut diikuti seluruh perangkat desa, pelajar mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, serta nelayan dan petani.

Terlihat pula, sejumlah warga membawa bambu runcing sebagai bentuk mengenang para pejuang Indonesia dalam mempertahankan negara dengan senjata bambu runcing.

Kepala Desa (Kades) Bambu, Hartono mengungkapkan, pihaknya sengaja melaksanakan upacara di laut untuk mengenang perjuangan tokoh adat Desa Bambu mempertahankan daerahnya dari penjajah Belanda puluhan tahun silam.

"Ini baru pertama kali dilaksanakan di Mamuju dan baru peratama kali selama pandemi Covid-19 mewabah," kata Hartono.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air warganya, sehingga tidak mudah terpecah belah oleh paham-paham radikalisme.

"Selain upacara bendera, kami juga mengadakan sejumlah lomba, mulai dari panjat pinang, balap perahu, lari karung dan masak makanan tradisional," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya