Daerah Minggu, 27 Februari 2022 | 14:02

Mesjid Agung Abdya, Ikon Destinasi Wisata Religi yang Semakin Dikenal

Lihat Foto Mesjid Agung Abdya, Ikon Destinasi Wisata Religi yang Semakin Dikenal Penampakan masjid Agung Abdya. Foto:Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Berkunjung ke Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Provinsi Aceh, tentunya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner.

Beberapa spot wisata bisa didatangi jika berkunjung ke kabupaten berjuluk Breuh Sigupai ini. Hampir seluruh kecamatan punya lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Penampakan masjid Agung Abdya. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Rekomendasi Opsi dimulai dari Kecamatan Lembah Sabil, atau kecamatan pertama yang akan dijumpai pengunjung jika bertolak dari arah Sumatra Utara. Di Kecamatan ini wisatawan bisa menikmati wisata sungai Krueng Baru di perbatasan antara Abdya dengan Aceh Selatan.

Kemudian, melaju ke Kecamatan Manggeng punya wisata pantai yang indah. Selanjutnya, Kecamatan Tangan-tangan juga memiliki wisata pantai. Di Kecamatan Setia, ada kolam berenang yang juga asik dilihat.

Beranjak dari situ, pengunjung masuk dalam Kecamatan yang merupakan ibu kota kabupaten ini, yakni Kecamatan Blangpidie.

Di Kecamatan Blangpidie ada destinasi wisata sungai yang sangat indah bernama Bendungan Irigasi.

Penampakan masjid Agung Abdya saat malam hari. Foto:Opsi/Syamsurizal.

Di Blangpidie juga ada wisata religi, yakni Masjid Agung. Masjid Agung Abdya terletak di Desa Seunaloh. Masjid berarsitektur ala Timur Tengah ini mulai dikenal oleh masyarakat luar Abdya.

Tidak heran, akan sering dijumpai warga luar mengunjungi masjid ini. Kedatangan mereka tidak hanya sekadar untuk berwisata religi. Namun, ada juga yang melakukan studi banding tentang mekanisme pengelolaan masjid.

Selain banyak tamu luar yang sengaja singgah di masjid ini, aktivitas lain akan sering dilihat selain dari orang beribadah, juga ada aktivitas seperti pernikahan. Saban hari ada lebih dari satu pasangan calon pasangan suami istri (pasutri) yang melangsungkan pernikahan di masjid termegah di kabupaten ini.

Selain aktivitas itu, juga kerap terlihat pasangan yang mengabadikan momen berbusana pengantin berswafoto. Para fotografer sering memenuhi orderan untuk memotret di masjid ini.

Seorang anak perempuan berfoto berlatar pancuran air Masjid Agung di malam hari. Foto:Opsi/Syamsurizal.

"Saya ke sini rombongan. Kami dari Sumatra Utara. Ke sini singgah sebentar untuk berwisata religi, kemudian kami akan lanjut ke Kota Banda Aceh atau ke masjid di Banda Aceh," kata Muhammad, Warga Sumut di Masjid Agung Abdya, Minggu, 27 Februari 2022.

Dia berkata, kegiatan mereka itu dalam rangka mengunjungi masjid-masjid bersejarah khususnya di Aceh. Sebelum ke Abdya, mereka juga sempat singgah di Masjid Aceh Selatan.

"Sebagian kami ada yang merupakan pengurus masjid. Jadi bisa sekalian studi banding tentang pengelolaan masjid," ucapnya.

Dia mengaku sudah sejak beberapa tahun lalu mengetahui keindahan masjid Agung Abdya lewat sosial media (sosmed). Banyak media yang memberitakan tentang detail-detail masjid ini sehingga tentu banyak masyarakat di luar Abdya yang ingin melihat langsung.

"Juga kita penasaran tentang masjid ini, sebelumnya kita hanya melihat keindahannya dari media sosial. Juga masjid di Banda Aceh yang baru di renovasi dan terlihat lebih indah. Terakhir saya ke sana itu sudah sangat lama," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya