Daerah Kamis, 30 November 2023 | 16:11

Minta Tak Dipersulit, Susanti Dewayani Tegaskan Hak Guru Harus Jadi Prioritas

Lihat Foto Minta Tak Dipersulit, Susanti Dewayani Tegaskan Hak Guru Harus Jadi Prioritas Susanti Dewayani. (Foto: Ist)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menegaskan bahwa hak guru harus menjadi prioritas, dan seluruh urusan guru jangan dipersulit.

Demikian disampaikannya di hadapan ribuan guru Kota Siantar, di acara puncak perayaan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" di Auditorium Brigjend Radjamin Purba Universitas Simalungun (USI), Kamis, 30 November 2023.

Ia menyampaikan, guru merupakan pahlawan pembangunan, pahlawan yang memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Saat ini, lanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah banyak melakukan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

"Selanjutnya pemerintah meluncurkan program Guru Penggerak yang akan menjadi nakhoda peradaban pendidikan Indonesia yang akan lebih memberikan warna pada lingkungan pembelajaran untuk mewujudkan Merdeka Belajar," kata Susanti.

Selanjutnya, ia menekankan sejumlah poin yakni: naik pangkat bagi PNS jangan dipersulit: Guru PPPK diperpanjang kontraknya, Guru Honorer diminta diperhatikan kesejahteraannya, Kuota guru PPPK tahun 2023 sebanyak 378, Mendukung Program Guru Penggerak, serta Diklat guru ditampung di APBD TA 2024.

"Dan terakhir, urusan guru jangan dipersulit," ujarnya.

Kepada sejumlah wartawan, Susanti mengutarakan bahwa Pemko melalui Dinas Pendidikan dalam momentum Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI memiliki prioritas dalam meningkatkan status dan kesejahteraan guru.

"Semua urusan guru jangan dipersulit, artinya mempermudah seluruh urusan guru untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Kota Pematang Siantar," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, saat ini Pemko telah memberikan kuota kepada 378 orang yang diangkat sebagai PPPK.

"Untuk itu, kesejahteraan guru harus diperhatikan karena menjadi pelopor dalam mencerdaskan anak bangsa dan mencerdaskan generasi yang akan datang," ujarnya.

Terkait pandangannya terhadap sosok guru, Susanti mengatakan guru merupakan seorang sosok yang luar biasa.

"Bagi saya pribadi, seorang guru sosok yang banyak tanda jasa, membuat seseorang itu menjadi berhasil berkat dari cinta kasih sayang seseorang guru," ucap Susanti.

Seorang guru juga, lanjutnya, memiliki peran dalam perkembangan masa depan bangsa.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya