Daerah Senin, 19 September 2022 | 13:09

Mobil Jenazah Kurang, Kadinkes Sulbar: Kita Punya Anggaran Masih Sedikit

Lihat Foto Mobil Jenazah Kurang, Kadinkes Sulbar: Kita Punya Anggaran Masih Sedikit Kadinkes Sulbar, dr Asran. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulawesi Barat (Sulbar), dr Asran memberikan tanggapan terkait warga Polewali Mandar (Polman), Sulbar, yang terpaksa menandu jenazah keluarganya.

Warga tersebut menandu jenazah keluarganya lantaran mobil jenazah di Puskesmas Campalagian, Polman, Sulbar, mengalami kerusakan.

Asran mengungkapkan, setiap Puskesmas di Sulbar harusnya dilengkapi dengan mobil jenazah dan mobil pasien rujukan.

"Tetapi karena kita punya anggaran masih sedikit, jadi belum. Satu-satu dulu," kata Asran, saat diwawancarai wartawan, Senin, 19 September 2022.

Sehingga, kata dia, mobil jenazah yang ada saat ini, mungkin hanya di setiap Rumah Sakit (RS) se Sulbar.

"Jadi, daerah-daerah yang dekat dengan rumah sakit, kapan ada jenazahnya berkoordinasi dengan rumah sakit disitu," katanya.

Terkait penggunaan mobil pasien rujukan, kata Asran, tidak melanggar jika memuat jenazah. Namun, harus ada kesepakatan antara pihak Puskesmas dengan pihak keluarga jenazah.

"Karena di mobil pengantar pasien rujukan, tidak ada keranda mayat," kata Asran.

Meskipun demikian, kata dia, peristiwa tersebut harus dikoordinasikan dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

"Intinya kan kabupaten yang punya ranah ini," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya