Daerah Rabu, 02 Maret 2022 | 10:03

Motif Penembakan Eks Kombatan GAM Terungkap, Pelaku Masih Buron

Lihat Foto Motif Penembakan Eks Kombatan GAM Terungkap, Pelaku Masih Buron Warga Desa Alue Ngom, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara di lokasi mantan GAM tewas ditembak, Selasa, 1 Maret 2022. foto: Dok. Warga

Aceh Barat Daya - Polisi berhasil mengungkap motif di balik penembakan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) bernama M Yusuf (46 tahun) di Desa Matang Mane, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

M Yusuf tewas seketika di lokasi kejadian, setelah ditembak di kepala bagian belakang.

"Diduga karena sakit hati atau dendam," kata Kapolres Aceh Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Riza Faisal melalui Kapolsek Nibong Ipda Muslim, Rabu, 2 Maret 2022.

Baca juga: Mantan Kombatan GAM Tewas Ditembak OTK di Aceh

Ipda Muslim berujar, terungkap juga bahwa pelaku berinisial AL (25 tahun) asal Desa Alue Ngom yang saat ini dalam pengejaran polisi memiliki dendam pribadi dengan korban atas perlakuannya terhadap abang kandungnya. AL pun disebut-sebut sakit hati dan nekat menembak korban hingga tewas.

"AL menembak tepat di bagian kepala korban menggunakan senjata angin laras panjang berjenis softgun dengan jarak 15 meter. Kejadian pada, Selasa, 1 Maret 2022 sekira pukul 11.00 WIB," ucapnya.

Lebih lanjut Ipda Muslim menerangkan, saat ini jenazah korban sudah dibawa ke RSUD Cut Meutia untuk divisum. Polisi terus memburu pelaku yang saat ini sudah mengambil langkah seribu.

"Awalnya dipicu cek-cok mulut antara korban dan abang pelaku dua hari lalu. Korban kerap mengancam abang pelaku, pelaku tidak terima itu," ujarnya.

Ipda Muslim melanjutkan, walau masalah cek-cok itu sempat diketahui oleh perangkat desa dan bahkan sudah dilakukan perdamaian antara kedua belah pihak, namun tetap saja berlanjut dan berujung pada aksi pembunuhan.

"Setelah menembak korban, pelaku kemudian langsung lari, kini dalam pengejaran," ujar Ipda Muslim. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya