Daerah Kamis, 10 Maret 2022 | 17:03

Muda Berpolitik, dari Marhadi H Maming, Bobby Nasution hingga Jacky Sembiring

Lihat Foto Muda Berpolitik, dari Marhadi H Maming, Bobby Nasution hingga Jacky Sembiring Wali Kota Medan Booby Nasution dan Bendahara Umum NU Marhadi H Maming, dihadirkan dalam forum dialog yang digagas anggota DPRD Sumut Meryl Rouli Saragih. (Foto: Instagram)
Editor: Tigor Munte

Medan - Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Bendahara Umum Nahdlatul Ulama (NU) Marhadi H Maming, dua dari tiga tokoh muda di Tanah Air dihadirkan dalam forum dialog yang digagas anggota DPRD Sumut Meryl Rouli Saragih.  

Dialog bertajuk Muda Berpolitik digelar Rabu, 9 Maret 2022 sore di Medan Club, Jalan RA Kartini No. 36 Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatra Utara. 

Meryl menyebut, PDIP sebagai partai pelopor telah berhasil memberikan kontribusi dan melahirkan tokoh-tokoh muda yang berhasil memenangkan beberapa pilkada dan pemilihan legislatif.

Seturut dengan itu, DPD PDIP Sumatra Utara menurutnya, melihat bahwa fenomena anak-anak muda berpolitik masih patut untuk terus diperbincangkan dalam bentuk forum-forum dialog interaktif yang melibatkan seluruh elemen masyarakat muda.

Itu sebabnya kata Meryl, pihaknya menghadirkan tiga tokoh muda yang dilahirkan oleh PDIP sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pertama adalah Yamitema T Laoly. Menurut Meryl, anak muda yang satu ini adalah seorang aktivitas kepemudaan dan bergelut di dunia usaha juga aktif dalam dunia politik

Karier politiknya dimulai dari tingkat kecamatan dan saat ini dipercaya sebagai Wakil Ketua bidang Pemuda, Olahraga dan Pariwisata DPD PDIP Sumatra Utara.

"Sedang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan di wilayah Sumatra Utara," tulis Meryl dikutip dari akun Instagram, Kamis, 10 Maret 2022. 

Kedua adalah Bobby Afif Nasution. Seorang politisi muda yang sebelumnya bergelut di dunia usaha, tapi kemudian hatinya terpanggil melihat kampung halamannya, Kota Medan. 

Kota Metropolitan terbesar ke-3 di Indonesia dengan problematikanya membutuhkan seorang pemimpin yang progresif dan memiliki visi jauh ke depan. 

"Beliau adalah Bobby Afif Nasution, Wali Kota Medan termuda sepanjang sejarah kota Medan," terang Meryl.

Baca juga: Meryl Rouli Saragih Ajak Perempuan di Sumut Terjun ke Dunia Politik

Ketiga adalah Marhadi H. Maming. Berkarier sebagai pengusaha yang berpolitik. Di usia 27 tahun terpilih sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bupati termuda yang terpilih di Indonesia pada saat itu. Marhadi saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan. 

Selain itu, menahkodai Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dengan tagline Pengusaha Pejuang, Pejuang Pengusaha.  

"Dan terakhir yang paling fenomenal, dipercaya sebagai bendahara umum organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama," imbuh Meryl.

Dalam forum dialog itu, disuguhkan pula penampilan musisi Sumatra Utara, yakni Jacky Raju Sembiring. Jacky tidak asing bagi masyarakat Sumatra Utara, khususnya Kabupaten Karo dan Kota Medan.  

Dia merupakan salah satu musisi muda dari Tanah Karo, terkenal karena keahliannya main kulcapi, alat musik Karo yang sudah jarang dimainkan di dunia musik modern.  

Kulcapi merupakan salah satu alat musik tradisional Karo yang sering dipergunakan pada upacara ritual, upacara adat, dan juga pertunjukan musik Karo.

Kulcapi terbuat dari kayu tualang, ingul, jelutung, dan kayu keras lainnya. Dibentuk menyerupai gitar yang memiliki dua tali senar yang terbuat dari akar enau.

Jacky tergabung dalam seniman grup musik sedalanen etnik. Bisa melihat aksi dan penampilannya di akun YouTube miliknya, yaitu Jacky Raju Sembiring Official. 

Dia memetik kulcapi tidak hanya membawakan lagu daerah Karo, tetapi lagu yang banyak disukai anak muda saat ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya