News Jum'at, 08 April 2022 | 16:04

Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Siapkan Vaksin Covid-19

Lihat Foto Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Siapkan Vaksin Covid-19 Vaksinasi booster menggunakan 6 jenis vaksin. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan layanan vaksinasi di simpul transportasi bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022.

"Kita ingin menyiapkan pelayanan bagi masyarakat yang mungkin belum memenuhi syarat (vaksin booster)," kata Juru bicara Kemenhub Adita Irawati dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat, 8 April 2022.

Adita mengatakan, Kemenhub beserta pemangku kepentingan terkait tidak akan melakukan penyekatan atau menerapkan kebijakan putar balik kendaraan bagi pemudik yang tidak memenuhi syarat perjalanan.

Namun demikian, Adita mengungkapkan bahwa Kemenhub hanya menyediakan layanan vaksin dalam jumlah terbatas.

"Kita tidak akan mengecek satu-persatu, kalau ada yang membutuhkan vaksin Covid-19 akan dilayani tetapi dalam jumlah terbatas," ujarnya.

Adita menambahkan, Kemenhub juga memberikan perhatian pada transportasi darat, terutama kendaraan pribadi roda empat dan roda dua yang menjadi mayoritas moda transportasi yang digunakan para pemudik.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan bahwa Kemenhub bersama pemangku kepentingan lainnya akan memberikan pelayanan kesehatan di sejumlah lokasi.

Adapun di antaranya bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, rest area jalan tol, dan jembatan timbang.

"Pelayanannya tidak hanya untuk kelancaran lalu lintas saja, tetapi pelayanan kesehatan termasuk booster," kata Budi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya