News Kamis, 24 Februari 2022 | 13:02

Muhaimin Iskandar Usul Pemilu 2024 Diundur 2 Tahun

Lihat Foto Muhaimin Iskandar Usul Pemilu 2024 Diundur 2 Tahun Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: Opsi/Republika.co.id)

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ditunda selama setahun atau dua tahun.

Cak Imin mengklaim usulan itu muncul usai dirinya bertemu dengan pelaku UMKM, pebisnis, dan para analis ekonomi dari berbagai perbankan.

"Dari seluruh masukan itu saya mengusulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Februari 2022.

Menurutnya usulan tersebut perlu dipertimbangkan agar momentum perbaikan ekonomi tidak terjadi stagnasi seusai pandemi menghajar Tanah Air dua tahun terakhir.

Dia menjelaskan, ada tiga persoalan yang sering muncul setiap berlangsungnya pelaksanaan pemilu.

Yang pertama, kata dia, terjadinya pembekuan agresivitas ekonomi. Selanjutnya, ketidakpastian ekonomi tiap transisi kekuasaan, dan ketiga, pemilu dikhawatirkan memunculkan ancaman konflik.

"Karena itu saya melihat tahun 2024 pemilu yang rencananya kita laksanakan bulan Februari itu jangan sampai prospek ekonomi yang baik itu terganggu karena pemilu," ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap usulannya bisa diterima oleh seluruh partai.

Dia juga mengaku akan segera menyampaikan usulan penundaan Pemilu ke pimpinan partai, dan presiden.

"Nah bagaimana apakah bisa betul? Ya nanti kita lihat saja, apakah mungkin bisa diundur atau tidak," ucap Muhaimin Iskandar.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya