News Jum'at, 04 Maret 2022 | 18:03

Muhammadiyah Minta Pemerintah Proaktif Terlibat Penyelesaian Perang Rusia-Ukraina

Lihat Foto Muhammadiyah Minta Pemerintah Proaktif Terlibat Penyelesaian Perang Rusia-Ukraina Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. (foto: ist).

Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir
memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang telah membuat seruan agar perang Rusia-Ukraina diakhiri.

"Akan tetapi, pemerintah Indonesia hendaknya bisa lebih aktif dan proaktif terlibat dalam penyelesaian peperangan Rusia dan Ukraina, dan berbagai dampak yang ditimbulkannya," ujar dia melalui keterangan tertulis diterima di Opsi, Jumat, 4 Maret 2022.

Baca juga: Rusia Gempur Ukraina, Jokowi: Stop Perang yang Sengsarakan Umat Manusia

Pada era tatanan dunia baru yang menjunjung demokrasi dan perdamaian, menurut dia, semestinya dibangun hubungan antarnegara dan bangsa yang lebih adil serta saling menghormati.

"Menjauhkan tindakan hegemoni dalam bentuk apa pun karena pada dasarnya semua negara dan bangsa di muka bumi ini memiliki kesetaraan," kata Haedar Nashir.

Baca juga: Ketum PP Muhammadiyah: Perang Rusia-Ukraina Bukan Masalah Agama

PP Muhammadiyah juga mendesak Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya Dewan Keamanan untuk melakukan langkah-langkah mengakhiri peperangan Rusia-Ukraina.

"Karena akan menimbulkan masalah yang kompleks, baik ekonomi, politik, kemanusiaan, perdamaian global, maupun masalah-masalah lainnya," kata Haedar Nashir. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya