Daerah Senin, 01 Agustus 2022 | 14:08

Mulai Agustus 2022, Kapal Penyeberangan di Danau Toba Terapkan e-Tiket

Lihat Foto Mulai Agustus 2022, Kapal Penyeberangan di Danau Toba Terapkan e-Tiket Kapal Penyeberangan atau Kapal Ferry di Danau Toba. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Operator kapal penyeberangan di Danau Toba segera menerapkan e-tiket terhadap para calon penumpang. Direncanakan launching pada 17 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir Laspayer Sipayung dalam keterangan yang diunggah secara visual pada Senin, 1 Agustus 2022.

Laspayer mengatakan, e-tiket merupakan tiket elektronik atau tiket dalam bentuk digital atau online.

Disebutkan alasan penggunaan e-tiket itu melihat kondisi antrean panjang penumpang atau kendaraan di beberapa pelabuhan di Kawasan Danau Toba. 

Sehingga dengan adanya e-tiket menjadi sebuah solusi mengantisipasi antrean dimaksud.

"Di mana setiap penumpang yang hendak menyeberang, akan tahu jam berapa dan berapa jumlah tiket yang sudah terjual di dalam satu pelabuhan. Maka dengan sendirinya setiap kendaraan yang mau menggunakan jasa penyeberangan akan mengantisipasi keberangkatan dan tidak lagi menumpuk pada satu pelabuhan," terangnya.

Untuk rencana e-tiket ini, dinasnya kata Laspayer, sudah berkoordinasi dengan empat pengelola kapal feri di Kabupaten Samosir.

Di antaranya PT ASDP, PT KMP Tao Toba, PT KMP Muara Putih, dan PT PPSU.

Pihaknya kata Laspayer, berharap terhadap para pengelola transportasi danau untuk menyediakan aplikasi untuk e-tiket.

Baca juga:

Semangat Menertibkan KJA Milik Warga Samosir di Perairan Danau Toba

Disebutkannya, pengelola yang sudah siap menjalankan e-tiket adalah PT ASDP, di aman mereka nantinya menyiapkan aplikasi untuk e-tiket.

"PT ASDP menyatakan siap dan berjanji launching e-tiket pada 17 Agustus 2022," terangnya.

Sedangkan tiga lainnya sudah disurati oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, termasuk PT PPSU yang merupakan BUMD dari Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, untuk mempersiapkan jaringan aplikasi e-tiket.

"Mereka masih dalam bentuk persiapan untuk membangun jaringan aplikasi. Untuk KMP Tao Toba mereka menjawab, menunggu waktu juga karena di sana ada dualisme pengelolaannya, antara keluarga. Kita harapkan juga dengan cara disurati dan didesak supaya mereka membangun jaringan aplikasi e-tiket. Demikian juga PT Muara Putih menunggu kesiapan membangun jaringan aplikasi," terangnya.

Khusus untuk PT ASDP sudah memastikan launching pada 17 Agustus 2022. Penerapannya dengan sistem terpusat, yakni di pelabuhan-pelabuhan yang mereka layani, seperti Bakauheni-Merak dan Ajibata-Ambarita.

"Bahwa yang siap melakukan launching e-tiket memang hanya PT ASDP, maka jaringan transportasi atau pelabuhan yang dikelola PT ASDP yang ada di Samosir adalah Ajibata-Ambarita, Onan Runggu-Balige, dan Onan Runggu-Muara," ungkap Laspayer. 

Dia menegaskan, yang membangun jaringan aplikasi adalah pengelola jasa transportasi itu sendiri. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya