News Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:01

Muncul Deklarasi Prabowo-Muhaimin untuk Pilpres 2024, Cak Imin: Tiap Hari Sama Gerindra

Lihat Foto Muncul Deklarasi Prabowo-Muhaimin untuk Pilpres 2024, Cak Imin: Tiap Hari Sama Gerindra Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merespons Deklarasi Prabowo-Muhaimin untuk Pilpres 2024. Dia menegaskan bahwa pihaknya terbuka dengan tokoh manapun.

"Ya pada dasarnya kita sangat terbuka ya, Pak Prabowo dengan semua nama-nama yang muncul apalagi hampir semua yang muncul hari ini dan sudah punya kedekatan dengan koalisi pemerintahan, maupun hubungan yang baik," kata Cak Imin, di Halmahera Selatan, Maluku Utara, seperti dikutip Detikcom, Sabtu, 29 Januari 2022.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya juga memiliki hubungan baik dengan Partai Gerindra. Tapi itu masih berupa penjajakan dan membaca peluang-peluang yang ada.

"Saya kan tiap hari sama Gerindra sama Pak Dasco ya intensif lah membaca peluang tapi belum sampai ke kesimpulan. Kita masih menghitung peluang kekuatan bersama efektif atau tidak, kemudian acceptabilitas masyarakat kaya apa, kedua kecocokan beberapa pihak," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, PKB juga membuka komunikasi dengan partai politik lainnya. Kendati demikian, belum ada sinyal resmi untuk mengusungnya.

"Baru mulai Januari ini agak intensif komunikasi diskusi diskusi, tapi semua belum," tuturnya.

Cak Imin mengatakan tidak ada karakteristik resmi untuk berkoalisi. Dia menegaskan semua parpol memiliki peluang yang sama.

"Jadi semua terbuka ya, misalnya agamis, sebab koalisi di Indonesia ini kan sebetulnya tidak ada oposisi yang bertabrakan, semua sama dalam satu bingkai yang sama sehingga peluangnya kan sama, ada yang ideologi yang berseberangan total," ujarnya.

"Irisannya kalau enggak nasionalis agamis, koalisi pemerintahan yang lama, irisannya dengan itu, misalnya saya dengan Golkar sama-sama pendukung Pak Jokowi dengan PDIP juga punya historis lama, dengan Pak Prabowo juga punya kedekatan lama ya so far peluangnya sama," ucap Cak Imin menambahkan.

Diketahui, ratusan orang yang tergabung dalam Barisan Prabowo Gus Muhaimin mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai pasangan calon di Pilpres 2024. Pasangan ini dinilai cocok untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Deklarasi yang dihadiri ratusan orang ini digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu, 12 Januari 2022. Sebuah spanduk yang memampang foto Prabowo dan Muhaimin turut mewarnai acara deklarasi tersebut. Sejak berdeklarasi, mereka mulai mensosialisasikan pasangan tersebut kepada publik.

"Bagi kami 2024 itu sekarang, makanya barisan Prabowo-Muhaimin terus bergerak," ujar Ketua Koordinator Barisan Prabowo-Muhaimin Rahmad Ari Andi mengutip Detikcom, Sabtu, 22 Januari 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya