Daerah Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:05

Naik Turun Harga TBS Sawit, Pedagang di Aceh Barat Daya Mengeluh

Lihat Foto Naik Turun Harga TBS Sawit, Pedagang di Aceh Barat Daya Mengeluh TBS kelapa sawit di salah satu kebun petani di Kecamatan Babahrot, Abdya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Naik turun harga beli Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, pasca Lebaran dikeluhkan pedagang. Mereka kecewa dengan itu dan was-was merugi.

"Karna lagi enak-enaknya harga TBS tiba-tiba turun. Anehnya, disaat harga dan permintaan minyak nabati Crude Palm Oil (CPO) dunia lagi tinggi," kata Yusran Adek salah satu pedagang, Sabtu, 14 Mei 2022.

Yusran, mengeluhkan hal ini. Dia juga kecewa karena sedang bagus-bagusnya harga TBS, malah pemerintah mengeluarkan larangan ekspor CPO hingga bahan baku turunan dari TBS menjadi anjlok dan tidak sebanding lagi dengan biaya perawatan yang dikeluarkan petani.

"Pedagang pengepul juga sering merugi akibat tidak stabilnya harga ditingkat pabrik. Seperti hari ini, pedagang menampung sawit petani dengan harga Rp 1.700/ kg lalu besoknya, saat dibawa ke pabrik, harganya turun jadi Rp 1.500," sebutnya.

"Kami hampir tiap hari merugi, makanya kami tidak berani lagi menampung hasil panen petani. Apalagi, beberapa pabrik sudah tutup, karena CPO di dalam tangki pabrik itu sudah penuh," ucap Yusran menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya