News Jum'at, 26 Januari 2024 | 13:01

Nama Organisasi Dicatut, DPP GAMKI Minta TPN Ganjar-Mahfud Meminta Maaf

Lihat Foto Nama Organisasi Dicatut, DPP GAMKI Minta TPN Ganjar-Mahfud Meminta Maaf GAMKI bantah terlibat pada deklarasi dukungan kepada paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Menara Citicon, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024 kemarin.(Foto: Istimewa)

Jakarta - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) membantah bahwa organisasi ini terlibat pada deklarasi dukungan kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Menara Citicon, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024 kemarin.

Deklarasi yang dihadiri Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud Gatot Eddy Pramono itu mengatasnamakan Jaringan Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Ganjar Mahfud (GAMKI GAMA).

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Maruli Silaban menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dan tak pernah mengizinkan penggunaan nama organisasi GAMKI dalam kegiatan politik tersebut.

GAMKI mengecam keras penggunaan nama organisasi secara sepihak tanpa seizin pimpinan organisasi.

"Nama organisasi GAMKI telah dicatut untuk dukungan politik kepada Paslon tertentu. Kami mengecam keras penggunaan nama organisasi secara sepihak demi kepentingan politik sesaat," kata Maruli Silaban, melalui keterangan resminya, Jumat, 26 Januari 2024.

Lebih lanjut, dia menyayangkan hadirnya TPN Ganjar-Mahfud dalam kegiatan deklarasi yang jelas-jelas telah mencatut nama organisasi GAMKI.

"GAMKI ini bukan organisasi yang dibentuk hanya untuk dukung-mendukung capres. Organisasi kami sudah terbentuk sejak tahun 1962 dan terdaftar sebagai badan hukum. Seharusnya TPN Ganjar-Mahfud mengecek apakah pelaksanaan deklarasi tersebut benar dari GAMKI atau pencatutan secara sepihak," ujarnya.

Lantas, ia meminta pihak-pihak yang mencatut nama organisasi GAMKI dan TPN Ganjar-Mahfud segera meminta maaf secara resmi. Jika tidak, lanjutnya, GAMKI akan menempuh jalur hukum.

"Kami memberikan waktu 2 x 24 jam kepada pihak-pihak yang menggunakan nama GAMKI dan TPN Ganjar-Mahfud untuk meminta maaf secara resmi atas penggunaan nama organisasi GAMKI di dalam acara deklarasi dukungan kepada paslon Ganjar-Mahfud. Jika tidak ada permintaan maaf, kami akan melakukan langkah-langkah lebih lanjut," tutur Maruli.

Sementara, Sekretaris Umum DPP GAMKI Alan Christian Singkali saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa organisasinya membebaskan semua anggota dan pengurus untuk mendukung capres dan cawapres sesuai dengan aspirasinya masing-masing.

"Dalam berbagai kesempatan, kami memberikan arahan kepada para anggota dan pengurus bahwa GAMKI mendukung pembangunan Indonesia-Sentris sebagai wujud pemerataan pembangunan. Namun tentang siapa capres dan cawapres yang didukung, kami memberikan kebebasan kepada para anggota, pasti mereka bisa menilai sendiri siapa yang paling tepat untuk melanjutkan pembangunan," kata Alan.

Alan menyampaikan, para anggota dan pengurus GAMKI memiliki latar belakang politik yang berbeda-beda, sehingga secara organisasi GAMKI menyepakati untuk tidak menyatakan dukungan resmi kepada paslon tertentu.

"Kehadiran TPN Ganjar-Mahfud dalam kegiatan deklarasi yang mencatut nama organisasi GAMKI menjadi polemik di internal kami. Banyak sekali anggota, pengurus, warga Gereja, para Pendeta, bahkan masyarakat umum di berbagai daerah yang resah dan menghubungi kami karena adanya deklarasi tersebut," tukasnya.

Pandangannya, berdasarkan komunikasi selama ini dengan para pimpinan gereja di berbagai daerah, sudah terlihat dukungan sebagian besar warga gereja mengarah ke capres-cawapres yang mana.

"Sebagai GAMKI kami tidak perlu menyampaikan arah dukungan mayoritas umat Kristen tersebut. Namun kami menduga dicatutnya nama GAMKI yang merupakan salah satu organisasi Kristen terbesar di Indonesia bertujuan untuk memecah dukungan umat Kristen kepada paslon tertentu. Silakan saja berkampanye, tapi jangan mencatut nama organisasi secara sepihak, ini yang sangat kami sayangkan," ucap Alan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya