News Rabu, 07 Juni 2023 | 20:06

Namanya Disebut Masuk Daftar Cawapres Ganjar, AHY: Saya Pertama Ya Berterima Kasih

Lihat Foto Namanya Disebut Masuk Daftar Cawapres Ganjar, AHY: Saya Pertama Ya Berterima Kasih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan loyalisnya menggelar temu pers, Rabu, 7 Juni 2023. (Foto: AHY)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ada 10 kandidat cawapres Ganjar Pranowo yang masuk dalam list PDIP sebagaimana diungkap Puan Maharani. 

Salah satunya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Puan menyebut 10 nama termasuk nama AHY di sela rakernas PDIP ke-3 di Lenteng Agung pada Selasa, 6 Juni 2023.

Penyebutan nama itu langsung direspons AHY dengan menggelar konferensi pers bersama para loyalisnya.

AHY mengaku menghormati apa yang disampaikan Puan. 

"Saya pertama ya berterima kasih kepada siapapun yang menyebutkan bahwa AHY bisa diperhitungkan dan lain sebagainya, berpasangan dengan siapa pun, termasuk terakhir Ibu Puan Maharani menyampaikan, iya bisa saja dengan Mas Ganjar Pranowo. Saya menghormati seperti saya menghormati siapapun yang memberikan sikap atau pernyataan," kata AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Juni 2023.

BACA JUGA: Ketua Umum Demokrat AHY Masuk Kandidat Cawapres Ganjar Pranowo

AHY menganggap demokrasi adalah ruang bebas dengan berbagai gagasan ataupun pendapat. Dia bisa memahami dengan dinamika politik yang berjalan saat ini.

"Bagi saya demokrasi adalah ruang yang bebas, ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu. Dan saya sendiri bisa merasionalisasi apapun yang disimulasikan oleh para entitas politik hari ini," ucapnya.

AHY menekankan partainya terus membangun komunikasi dengan partai politik lain. Dia bicara demokrasi yang fleksibel namun tetap menjunjung tinggi etika politik.

Seperti diketahui, sampai sejauh ini poros Koalisi Perubahan yang diisi Partai Demokrat, NasDem, dan PKS mengusung kandidat capres Anies Baswedan.

Koalisi ini belum juga mengumumkan nama kandidat cawapresnya. Partai Demokrat berharap AHY menjadi teman duet Anies.

Di tengah situasi masih menunggu putusan Anies soal pasangannya, menyeruak bocoran Puan soal kandidat cawapres Ganjar Pranowo.

Puan menyebut sejumlah nama, yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan secara mengejutkan ada nama AHY.

"Pak AHY, Pak, sopo lagi, Mas? Pak Airlangga, ya kan?" kata Puan di Sekolah Partai PDIP.

Puan mengatakan nama-nama itu termasuk ke peta cawapres Ganjar. Dia berkata nama-nama tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan," ujarnya.

"Kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya