News Sabtu, 04 Juni 2022 | 11:06

Netty Aher Minta Pemerintah Perhatikan Pekerja Korban Banjir Rob Semarang

Lihat Foto Netty Aher Minta Pemerintah Perhatikan Pekerja Korban Banjir Rob Semarang Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah memperhatikan nasib pekerja yang terdampak banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Netty berpandangan, hadirnya banjir rob menimbulkan kerugian yang tidak sedikit dan mengganggu aktivitas ekonomi puluhan ribu pekerja dalam mencari penghasilan di pabrik-pabrik sekitar.

"Dari informasi yang kami terima, perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan tersebut meliburkan pekerjanya. Pemerintah harus memastikan agar tidak terjadi pemotongan gaji pekerja dan pengurangan hak lainnya akibat diliburkannya pekerja," kata Netty dalam keterangannya, Sabtu, 04 Juni 2022.

Selain diliburkan yang berpotensi pengurangan gaji, kata dia, pekerja juga banyak yang terendam kendaraannya serta mengalami gangguan kesehatan.

"Banjir rob menimbulkan kerugian bagi pekerja. Ada banyak kendaraan mereka yang ikut terendam. Tidak sedikit juga pekerja yang mengalami sakit perut dan gatal-gatal. Harus ada perhatian memadai dari pemerintah untuk mencari solusi atas persoalan pekerja korban rob," ujarnya

"Biaya perbaikan kendaraan yang terendam banjir tentu tidak sedikit. Apakah ini sudah masuk dalam perhatian pemerintah? Harus ada upaya pemberian subsidi kepada pekerja," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, banjir rob terjadi disebabkan oleh jebolnya tanggul yang dibangun pemerintah di Pelabuhan Tanjung Emas.

Dia juga mengapresiasi langkah pemerintah yang cukup sigap turun ke lapangan dan upaya penanggulangan kebutuhan pangan dengan mendirikan dapur umum.

"Setelah kondisi darurat, pemerintah harus menindaklanjuti dengan upaya mengatasi persoalan ekonomi pekerja yang berdampak banjir rob proyek, seperti, subsidi biaya perbaikan kendaraan serta perbaikan tanggul segera agar pelabuhan aman dan pekerja bisa kembali bekerja untuk menafkahi keluarga," ucap Netty.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya