News Jum'at, 10 Februari 2023 | 21:02

Ngobrol dengan Anak-Anak Muda Aceh, Jokowi Sanggupi Bangun Creative Hub

Lihat Foto Ngobrol dengan Anak-Anak Muda Aceh, Jokowi Sanggupi Bangun Creative Hub Salah seorang anak muda Aceh yang berdiskusi dengan Jokowi, Jumat, 10 Februari 2023. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Aceh - Dalam lawatannya ke Provinsi Aceh, Presiden Jokowi secara khusus berdiskusi dengan anak-anak muda Aceh, Jumat, 10 Februari 2023.

Kepada awak media usai pertemuan, Jokowi menyebut mereka berdiskusi mengenai peluang dan kesempatan kerja di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan industri kreatif.

"Saya kira banyak hal yang kita bicarakan tadi. Tetapi tadi mereka meminta untuk dibuatkan rumah kreatif di Aceh dan saya sanggupi dan kita bangun nanti creative hub di Banda Aceh, yang besar mungkin senilai 150 miliar," kata Jokowi.

Sehingga nantinya kata Jokowi, urusan membuat animasi untuk konten kreator, untuk vintage dan lain semuanya akan dikerjakan di situ dan juga industri kreatif lainnya.

Baca juga: BSI Kucurkan KUR Rp 3 Triliun, Diyakini Bisa Kembangkan Ekonomi di Aceh

Kesempatan menjawab pertanyaan awak media soal kekurangan pupuk, Jokowi menyebut dia sudah memerintahkan Menteri BUMN untuk menghidupkan kembali PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) dan PT Aceh Asean Fertilizer (PT AAF).

Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar)

"Karena kita kekurangan pupuk, baik itu amonia, urea maupun NPK. Sehingga ini ada investasi 1,7 dibangun untuk NPK dan nanti akan keluar 570 kali 2. Kita harapkan ini segera diselesaikan karena problemnya di gas dan Menteri Erick Thohir urusan gas juga nggak ada masalah, artinya ini bisa segera jalan dan bisa dimaksimalkan kapasitasnya," kata Jokowi.

Disebutnya, dari kebutuhan 13,5 juta ton kemudian nanti ada tambahan 570.000 x 2, sedikit bisa menyelesaikan kekurangan pupuk di beberapa provinsi termasuk untuk pupuk bersubsidi. 

"Problem dunia sakarang adalah pupuk," katanya, seraya menyebut produksi pupuk juga ada di Fakfak, Papua Barat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya