Daerah Sabtu, 11 Maret 2023 | 18:03

Ngopi di Rumah Dinas Bupati Bisa Tuntaskan Masalah Siantar Simalungun

Lihat Foto Ngopi di Rumah Dinas Bupati Bisa Tuntaskan Masalah Siantar Simalungun Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Pematang Siantar - Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun di Sumatra Utara, secara geografis dan kultur sangat dekat.

Tak heran Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menyebut dua wilayah itu diibaratkan sebagai saudara kembar.

Kota Pematang Siantar memang berada di tengah-tengah Kabupaten Simalungun.

"Sehingga setiap ada persoalan yang menyangkut Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, dapat diselesaikan dengan mengopi di rumah dinas Bupati Simalungun," kata Susanti.

Itu dikatakannya saat menghadiri acara Pelantikan/Patampei Sihilap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harungguan Purba Simalungun-Indonesia, di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Pematang Siantar, Sabtu, 11 Maret 2023.

Dalam acara tersebut, hadir juga Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, anggota DPR RI Junimart Girsang, dan tokoh masyarakat Sumatra Utara Parlindungan Purba.

Terhadap mereka disematkan pula Hiou Pamotting, sebuah kain mirip Ulos dari etnis Simalungun.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, DPP Harungguan Purba Simalungun Indonesia Bakal Terbentuk

"Sejumlah tokoh suku Simalungun telah hadir di Kota Pematang Siantar. Ini luar biasa," kata Susanti ketika memberikan sambutan.

Dia mengapresiasi bersatunya 14 sub marga Purba sehingga terbentuknya DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia.

BACA JUGA: Melongok Harta Kekayaan Pejabat, Termasuk Wali Kota Siantar Susanti Dewayani

Wali Kota Susanti kemudian mengatakan, Pemerintah Kota Pematang Siantar akan bersinergi dan berkolaborasi dengan DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia. 

"Selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Tadi saya lihat ada dua orang ASN dari Pemko Pematang Siantar yang ikut dilantik, mohon diberi bimbingan dan arahannya," katanya.

Organisasi ini sendiri menurut Ketua Umum DPP Dewan Harungguan Purba Simalungun-Indonesia, Mangapul Purba, terbentuk atas sebuah kerinduan untuk berkumpul dengan semangat kebersamaan.

"Sebanyak 14 puak marga Purba sepakat untuk membentuk suatu wadah pemersatu. Dengan pemikiran untuk kepentingan sosial dan budaya, dan berbagai sisi budaya yang harus mendukung dalam bersaudara," katanya.

Mangapul menyampaikan harapannya bermitra dengan pemerintah dalam menghadapi berbagai persoalan.

Baik itu sosial kemasyarakatan, pemerintahan, dan bentuk-bentuk lainnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya