News Selasa, 20 Juni 2023 | 17:06

Nur Hazizah Sinaga dan Cynthia Nainggolan Raih Prestasi di Berlin, Ganjar Sampaikan Selamat

Lihat Foto Nur Hazizah Sinaga dan Cynthia Nainggolan Raih Prestasi di Berlin, Ganjar Sampaikan Selamat Nur Hazizah Sinaga mempersembahkan emas pertama untuk anggota delegasi Special Olympics Indonesia di ajang Special Olympics Summer Games 2023 Berlin. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dua atlet berdarah Batak menorehkan prestasi di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, Senin, 19 Jumat 2023 waktu setempat.

Pesenam ritmik, Nur Hazizah Sinaga sumbang medali emas pertama untuk Kontingen Indonesia.

Kemudian, Cynthia Nainggolan yang juga dari cabang olahraga senam ritmik mempersembahkan 1 medali perak.

Nur Hazizah Sinaga asal Riau, turun di level 1 nomor alat bola. Dia mengalahkan peserta dari berbagai negara.

Anette Viskov dari Estonia meraih perak dan Andreia Ruivo asal Portugal yang meraih perunggu.

Cynthia Nainggolan meraih perak setelah kalah bersaing dari Angie Galvis Fedossova dari Kolombia meraih emas. Perunggu diraih Katherine Carrascoso Pujols dari Republik Dominika.

Cynthia juga meraih perunggu di level 1 nomor Ribbon. Emas menjadi milik Aigerim Issabayeva dari Kazakhstan dan perak oleh Katherine Carrascoso Pujols. 

Ini adalah perunggu kedua bagi Cynthia setelah nomor rhythmic gymnastic.

Pelatih senam ritmik Special Olympics Indonesia, Elly Pudji Kusumawati menyampaikan rasa suka citanya. 

“Bersyukur kami bisa menang,” ujarnya dalam laman resmi Kemenpora, Selasa, 20 Juni 2023.

Kontingen Indonesia berpotensi menambah pundi-pundi medali dari sejumlah cabang olahraga, seperti atletik yang memiliki atlet andalan Lampung Frety Sinta Melia lolos ke final nomor 200 meter, demikian juga pelari putra asal Jawa Barat Dewangga Kanahaya Iskandar.

Pada cabang renang Arsyad Al Banjari asal Kalimantan Selatan mencatat waktu tercepat di heat 1 penyisihan di level B 100 meter gaya kupu-kupu.

“Kami harap dia akan mampu meraih emas,” ujar sang pelatih Yulidarti yang menyebut Arsyad akan kembali bersaing untuk perebutan medali pada final, Rabu, 21 Juni 2023.

Dua perenang lain, yakni Alfian asal Provinsi Bangka Belitung spesialis gaya bebas dan perenang putri asal Sumatera Barat Nadila juga maju ke final gaya dada 100 meter.

Kemudian tim boling masih dalam menunggu hasil tahap divisioning. Para peboling Special Olympics Indonesia baru akan bertanding pada Kamis, 22 Juni 2023 untuk nomor unified sport. Kemudian untuk perseorangan putra akan digelar Sabtu, 24 Juni 2023.

Ucapan Ganjar

Atas prestasi Nur Hazizah Sinaga, bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo secara khusus menyampaikan selamat.

Ganjar yang juga Gubernur Jawa Tengah itu menyampaikan lewat akun Twitternya, Selasa, 20 Juni 2023.

"Selamat untuk Nur Hazizah Sinaga, pesenam asal Riau yang berhasil mempersembahkan emas pertama untuk Indonesia pada ajang Special Olympics Summer Games 2023 di Berlin. Turut bangga dan selamat untuk Putri. Untuk para atlet lainnya yang masih bertanding, tetap semangat!" tulisnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya