Daerah Kamis, 24 Maret 2022 | 09:03

Objek Wisata Puncak Tante Bojo Surga Tersembunyi di Tampak Loppo Mamasa

Lihat Foto Objek Wisata Puncak Tante Bojo Surga Tersembunyi di Tampak Loppo Mamasa Objek wisata puncak Tanete (Gunung) Bojo' di Desa Tampak Kurrak, Kecamatan Tabulahan, Mamasa Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamasa - Keindahan wisata alam di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) tidak diragukan lagi. Daerah ini dianugerahi panorama alam yang dapat menyejukkan mata dan hati para pengunjung.

Salah satu objek wisata alam di atas pegunungan Kabupaten Mamasa, yakni Pucak Tanete (Gunung) Bojo`di Desa Tampak Kurrak, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, yang baru saja ditemukan pemuda sekitar.

Di Tanete Bojo, pengunjung dapat menikmati gumpalan awan di pagi hari sekitar pukul 06.30 Wita sampai pukul 09.00 Wita yang mengelilingi puncak gunung tersebut.

Tempat yang dapat memanjakan mata sebagai pelepas kepenatan para pengunjung merupakan hasil kreatifitas pemuda di desa tersebut.

Dengan menempuh perjalanan kurang lebih tiga kilometer serta kondisi jalan yang sedikit menanjak, para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah.

Mulai dari pemukiman warga, pengunjung harus mempersiapkan tenaga untuk mengayunkan kaki melintasi jalan yang sedikit licin saat musim penghujan tiba.

Jalan yang dilintasi merupakan akses warga setempat menuju lokasi perkebunan Kakao dan tanaman nilam yang menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Setiap melangkahkan kaki dijalan setapak tersebut, para pengunjung akan menjumpai tanaman Kkao dan nilam milik warga.

Untuk tiba di Tanete Bojo` yang memanjakan mata itu, para pengunjung akan mengayunkan kaki selama kurang lebih satu jam.

Menurut salah seorang pemuda penggagas objek wisata Tanete Bojo`, Heirolen, pengelolaan objek wisata tersebut merupakan inisiatif dari sejumlah pemuda di desanya.

"Kami melihat ada potensi yang bisa kami manfaatkan diwaktu luang," kata Heirolen kepada Opsi.i, Kamis, 24 Maret 2022.

Ia berharap, objek wisata Tanete Bojo yang tidak kalah indah dari objek-objek wisata lainnya di Mamasa Sulbar, dapat menjadi salah satu tujuan wisatawan.

"Meskipun perjalanan menuju ke lokasi lumayan menantang, tapi itulah seninya," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya