News Jum'at, 18 Februari 2022 | 13:02

Omicron Melesat, Menguak Cerita Lama Puan Maharani di Awal Pandemi

Lihat Foto Omicron Melesat, Menguak Cerita Lama Puan Maharani di Awal Pandemi Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Twitter @puanmaharani_ri)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengoptimalkan cakupan testing dan tracing. Penyebaran Omicron jauh lebih kencang ketimbang varian Delta.

"Penyebaran kasus Omicron saat ini jumlahnya telah melebihi puncak kasus varian Delta tahun lalu dan kembali menguak cerita lama saat awal pandemi Covid-19 pada 2020," tulis Puan di akun media sosial Twitter, Jumat, 18 Februari 2022.

Puan menyebut, banyak di antara teman dan kerabatnya yang terinfeksi varian Omicron, tetapi tidak mengalami gejala. Sementara, tingkat penularan varian baru ini jauh lebih cepat.

Penambahan kasus yang eksponensial akan membebani faskes, tenaga medis, serta tingginya risiko kematian meskipun kapasitas keterisian rumah sakit saat ini cukup terkendali. 

Baca juga: Puan Maharani Minta Booster Vaksin Covid-19 Gratis untuk Rakyat Kecil

"Oleh karena itu, saya meminta pemerintah untuk meningkatkan cakupan testing dan tracing yang lebih optimal," ujar Ketua DPP PDIP itu.

"Kita juga tidak boleh lengah. Semua harus berhati-hati dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Menjaga diri sendiri berarti melindungi keluarga dan sesama," imbuhnya.

Puan berujar, jika terpapar varian Omicron tanpa gejala, bisa membahayakan mereka yang berusia lanjut (lansia) atau memiliki komorbid. 

"Ikuti anjuran pemerintah jika mengalami gejala dengan melakukan testing yang akurat dan isolasi mandiri," katanya bersaran. "Jaga diri, jaga sesama!" pungkas cucu Soekarno itu. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya