Daerah Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:10

Ompung Raminah Garingging Diusulkan Jadi Penerima AKI 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi

Lihat Foto Ompung Raminah Garingging Diusulkan Jadi Penerima AKI 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi Ompung Raminah Garingging. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mendukung usulan agar calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi diberikan kepada Ompung Raminah Garingging.

Tim Verifikasi AKI 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi, melakukan peninjauan dan uji data terhadap usulan dan pengajuan Ompung Raminah Garingging yang kini berusia 89 tahun, di aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Rabu, 4 Oktober 2023.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Siantar, Rudolf Barmen Manurung menjelaskan, walau di usia yang tidak lagi muda, Ompung Raminah dinilai setia dalam melatih Tortor dan menceritakan budaya Simalungun.

Dia mengatakan, hingga saat ini Ompung Raminah masih aktif dan selalu membimbing generasi muda dalam pelatihan di sanggar dan berbagai sekolah.

Ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan Pemko Siantar di Dinas Pariwisata maupun di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Oleh sebab itu, Raminah mendapat perhatian khusus dari Susanti.

"Orang tua kategori lansia biasanya yang sudah memasuki masa pensiun, sudah lebih banyak istirahat di rumah. Tetapi Ompung Raminah Garingging masih mau berbagi untuk generasi muda dan terus bekerja serta berkarya," kata Rudolf.

Tim Verifikasi AKI Tahun 2023, Liza Manullang menuturkan bahwa pengumuman dan penyerahan gelar AKI 2023, Kategori Maestro Seni Tradisi akan dilaksanakan di Jakarta, pada 27 Oktober 2023 mendatang.

"Generasi-generasi penerus yang diharapkan terus berlatih dan mengikuti semangat dari Ompung Raminah Garingging dalam mewariskan budaya Simalungun," ujar Liza.

Untuk Provinsi Sumatra Utara (Sumut), lanjutnya, hanya ada dua tokoh sebagai calon penerima AKI, yakni dari Kota Siantar dan Kabupaten Samosir.

"Kita mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar Ompung Raminah Boru Garingging menjadi penerima AKI anugerah Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Ompung Raminah Garingging bersama pengurus Sanggar Budaya Rayantara Sultan Saragih didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan menyerahkan seperangkat pakaian adat Simalungun dan Buku Maestro Tari Simalungun Ompung Raminah Garingging kepada Tim Verifikasi AKI Tahun 2023

Adapun tari yang ditampilkan dalam uji data tersebut yakni Tortor Sombah, Tortor Sitalasari, Tortor Nanggurdaha (Burung Garuda), Tortor Imbou Manibung, Tortor Haroan Bolon (SMA Kartika), dan performance tunggal Tortor Balang Sahua dari Ompung Raminah Garingging.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya