News Selasa, 21 Juni 2022 | 12:06

Otoritas Thailand Masih Tahan 17 Nelayan Aceh, Ini Penyebabnya

Lihat Foto Otoritas Thailand Masih Tahan 17 Nelayan Aceh, Ini Penyebabnya Ilustrasi nelayan. (Foto: Opsi/Pixabay)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Sampai hari ini, 17 nelayan Aceh masih ditahan otoritas Thailand karena berlayar melewati batas teritorial laut negara itu. Hal ini seperti di ungkap Lembaga Panglima Laot Aceh.

"Masih ada nelayan kita yang ditahan di luar negeri, ada 17 orang di Thailand," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftach Tjut Adek, Senin 20 Juni 2022.

Kata dia, ke-17 nelayan yang masih ditahan itu berasal dari Idi Kabupaten Aceh Timur, mereka tertangkap pada 28 Januari 2022 lalu oleh angkatan laut Thailand.

"Nelayan Aceh Timur itu ditangkap oleh angkatan laut Thailand di perairan barat Phuket sekitar 38.5 NM dari pantai, karena mencari ikan di wilayah perairan itu," sebutnya.

Awalnya, mereka semua berjumlah 19 orang saat ditangkap, termasuk dua nelayan yang masih di bawah umur. Namun, keduanya itu sudah dipulangkan ke tanah air pada Sabtu, 28 Mei 2022 lalu.

"Iya betul, dua orang nelayan yang di bawah umur sudah dipulangkan, keduanya asal Aceh Timur," ujarnya.

Dikatakannya, 17 nelayan itu selesai menjalani hukuman atau baru dibebaskan otoritas Thailand pada akhir tahun ini. Dari 17 orang itu, lima diantaranya dipulangkan pada Agustus 2022.

"Mereka ini lebih cepat dipungkan karena memakai kapal kecil atau pendamping kapal besar. Sisanya dibebaskan Oktober atau November 2022 nanti," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya