News Minggu, 22 Januari 2023 | 19:01

Pakar Menilai Jika Gibran Maju di Pilgub Jateng akan Menang Telak, PDIP Bilang Begini

Lihat Foto Pakar Menilai Jika Gibran Maju di Pilgub Jateng akan Menang Telak, PDIP Bilang Begini Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara).
Editor: Rio Anthony

Solo - Partai pengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons terkait Gibran yang disebut `tidur saja` dapat memenangi Pilgub Jateng 2024 jika benar-benar maju.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menegaskan pihaknya saat ini sedang fokus menatap Pileg dan Pilpres 2024.

"Hari-hari ini semua partai akan fokus pada Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Bahkan tahapan untuk Pileg sudah di depan mata," kata Pacul mengawali tanggapannya saat dihubungi, Minggu 22 Januari 2023.

Ia mengungkap pendaftaran Caleg di sistem informasi pencalonan (Silon) KPU RI sudah mulai dilaksanakan pada April tahun ini. Sedangkan Pilkada serentak baru akan dilaksanakan pada November 2024.

"Bulan April 2023, daftar Caleg akan masuk Silon KPU RI. Ini sudah menguras energi cukup besar. Sementara Pilkada serentak baru akan dilaksanakan November 2024. Masih ada rentang waktu yang cukup, sekitar 7-9 bulan untuk mempersiapkan Pilkada serentak," katanya.

Pacul menyebut dinamika politik menjelang Pileg dan Pilpres akan naik. Apalagi saat ini dunia sedang dilanda konflik, salah satu contohnya perang Ukraina Rusia.

"Dinamika politik jelang Pileg dan Pilpres eskalasinya akan naik. Ditambah situasi dunia, perang Ukraina dengan Rusia, dan Taiwan dengan Cina, plus situasi ekonomi kurang bagus," kata Pacul.

"Bahkan Kepala BIN bilang situasi ekonomi 2023 gelap. Pak Presiden bilang 16 negara sudah menjadi pasien IMF dan 36 negara di ambang pintu," imbuhnya.

Oleh karena itu, ia mengungkap pihaknya belum merencakan soal Pilkada 2024.

"Jadi kita belum akan bikin perencanaan untuk Pilkada," ujar dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya