Daerah Kamis, 05 Mei 2022 | 15:05

Pangdam III/Slw Apresiasi Inovasi Warga Cirebon

Lihat Foto Pangdam III/Slw Apresiasi Inovasi Warga Cirebon Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berkunjung ke kediaman H. Ariyanto Michel di Desa/Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon. (Foto: Opsi/Pendam III/Siliwangi)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berkunjung ke kediaman H. Ariyanto Michel di Desa/Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon, Kamis 5 Mei 2022.

Begitu istimewanya seorang H. Ariyanto Michael di mata Pangdam III/Siliwangi sehingga orang nomor satu ia menyempatkan untuk bersilaturahmi, bertukar pikiran dan saling menyampaikan ide-ide cemerlangnya. 

Dalam kunjungan tersebut Pangdam didampingi Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca, Asops Kasdam III/Siliwangi, Kapendam III/Siliwangi, Dandim 0614/Kota Cirebon, Dandim 0617/Majalengka dan Kasdim 0620/Kab Cirebon 

Pada kesempatan tersebut, H. Ariyanto Michael mendemonstrasikan penemuan-penemuan miliknya di depan rombongan Pangdam III/Siliwangi,  diantaranya bahan pemadam api dan cairan tahan api menggunakan bahan baku kulit singkong, alat pengubah air menjadi bahan bakar, dan masih banyak lagi.

Pangdam saat memberikan keterangan di depan awak media menyampaikan bahwa Kodam III/Siliwangi mengapresiasi inovasi-inovasi yang diciptakan oleh H. Ariyanto Michel.

"Yang jelas sangat bagus, Kita juga harus melihat situasi yang ada dengan adanya kebijakan pemerintah kemudian juga adanya pandemi ini menjadi peluang bagi saya untuk membangun potensi- potensi lokal kemudian kita juga memanfaatkan potensi tersebut sebagai proses pembangunan maupun kemajuan teknologi itu sendiri," kata Kunto. 

Menurut Kunto, perlu peningkatan sumber daya manusia yang ada sehingga dapat dijadikan untuk mengajarkan kapda masyarakat Cirebon.

"Kami mengapresiasi sebesar-besarnya kalau bicara nilai tentang migas atau bahan bakar ini merupakan nilai strategis, jadi kita harus mengangkat nilai utama yang menjadi strategi ini sebagai acuan sebagai sebagai produk terkait pengganti  BBM  ini," ucap Pangdam. 

Terkait air yang dikonvesi menjadi BBM, Kodam III/Siliwangi sendiri sudah memesan dan  beberapa kendaraan juga sudah dipasang.

"Dengan adanya tipologi-tipologi daerah yang sulit ditangkap dari BBM minyak atau fosil yang diutamakan untuk daerah pegunungan, pesisir dan pantai," tambah Kunto.

Pangdam juga menyampaikan bahwa temuan H. Ariyanto Michel ini sangat membantu sehingga prajurit TNI di Makodam III/Siliwangi menjalankan tugasnya bisa lebih maksimal dan tidak tergantung dengan BBM untuk bisa mendampingi proses pengembangan masyarakat di bidang pembangunan. 

Sebelum meninggalkan kediaman H.Ariyanto Michel, Pangdam beserta rombongan memberikan tali asih kepada masyarakat Desa/Kecamatan Lemahabang sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI dengan masyarakat sekitarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya