News Selasa, 19 September 2023 | 11:09

Pangdam XVII Cenderawasih Kunjungi Sekretariat GAMKI, Bahas Kedamaian di Papua

Lihat Foto Pangdam XVII Cenderawasih Kunjungi Sekretariat GAMKI, Bahas Kedamaian di Papua Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan kunjungi Kantor (DPP GAMKI), Senin, 18 September 2023. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan mengunjungi Kantor Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), Senin, 18 September 2023.

Kedatangan Izak ke DPP GAMKI dalam rangka berdialog dan berdiskusi mengenai perkembangan keamanan dan kedamaian di Tanah Papua.

"Salah satu yang kami lakukan dalam menjaga keutuhan bangsa di Papua melalui pendekatan teologia," kata Izak.

Ia menjelaskan, keterlibatan gereja sangat dibutuhkan menjaga kedamaian Papua. Hal tersebut dapat dilakukan melalui khotbah-khotbah dan kegiatan-kegiatan gereja.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa saat ini banyak negara-negara yang mencoba memecah belah supaya Papua pisah dari Indonesia.

"Banyak orang, negara-negara besar dan ormas lainnya yang mencoba membuat kekacauan. Tapi, kuasa Tuhan lebih kuat. Menjadikan kita tetap damai dan satu kesatuan," ujarnya.

Oleh sebab itu, sambungnya, salah satu tugas pemuda gereja dan mahasiswa adalah untuk mengambil peran dalam menjaga kedamaian itu.

Izak mengajak seluruh pemuda Kristen, yakni kader GAMKI dan GMKI untuk terlibat dalam menjaga keutuhan bangsa ini melalui Papua dan membantu TNI dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat di Tanah Papua.

"Pendekatan yang kami lakukan adalah se-humanis mungkin terhadap warga di sana. Serangan-serangan terhadap warga dan TNI sering kami terima. Tetapi kami tidak pernah membalas dengan kekerasan. Pendekatan humanismelah yang terus kami lakukan," ucap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam pertemuan itu, yakni Ketua MPO DPP GAMKI Willem Wandik, Sekretaris Umum PP GMKI Artinus Hulu, Ketua MPH PGI Pdt. Henrek Lokra, dan sejumlah Pengurus DPP GAMKI lainnya.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya