Daerah Selasa, 23 November 2021 | 17:11

Pantau Pilkades di Taput, Kapolda Sumut: Para Pendukung Calon Kades Jangan Berantem

Lihat Foto Pantau Pilkades di Taput, Kapolda Sumut: Para Pendukung Calon Kades Jangan Berantem Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak meninjau Pilkades di Tapanuli Utara. (Foto Istimewa)

 

Tapanuli Utara - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Panca Putra Simanjuntak turun langsung meninjau kondisi keamanan pemilihan kepala daerah (Pilkades) serentak 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa, 23 November 2021.

Dalam peninjauannya ke sejumlah lokasi pemungutan suara, Panca menyampaikan pentingnya menjaga keamanan bersama untuk mewujudkan situasi kondusif. Hal itu disampaikan di hadapan personel pengamanan, masyarakat, dan panitia pemilihan setempat.

"Kita sama-sama jaga keamanan dan persaudaraan. Para pendukung calon kepala desa, jangan berantem, kita semua saudara," kata Panca kepada wartawan, Selasa hari ini.

Panca yang saat itu didampingi Kasdam Brigjen TNI Purwito Hadi Wardono, Danrem 023 KS Kol Inf Febriel Buyung Sikumbang, Kapolres AKBP Ronal FC Sipayung, menekankan pentingnya menciptakan suasana aman, tertib, dan damai di tengah pelaksanaan Pilkades.

"Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapa pun pemenangnya, tidak perlu euforia yang berlebihan," tuturnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, ia berharap agar masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan.

"Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan dengan baik. Meski Covid-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," ucapnya.

Dalam pengamanan Pilkades tersebut, tambahnya, Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan menurunkan 944 personel BKO terdiri dari Brimob, Sabhara, Intel, Reserse, dan juga Batalyon TNI untuk pengamanan.

"Kita tidak boleh under estimate, kesiapan pengamanan harus ditunjukkan karena kehadiran TNI dan Polri akan memberi rasa aman bagi masyarakat," ucap Panca. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya