Daerah Minggu, 07 Agustus 2022 | 11:08

Para Pereli di Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Disuguhi Spanduk Tutup PT TPL

Lihat Foto Para Pereli di Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Disuguhi Spanduk Tutup PT TPL Spanduk masyarakat adat di lintasan Danau Toba Kejurnas Rally 2022, Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Dok. Arif)
Editor: Tigor Munte

Medan - Berlangsung Danau Toba Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 di kawasan konsesi PT Toba Pulp Lestari atau PT TPL Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun pada 5-7 Agustus 2022

Kejurnas dibuka Wagub Sumut Musa Rajekshah di Terminal Sosor Saba, Parapat, Jumat, 5 Agustus 2022 kemarin. 

Sebanyak 46 kendaraan berlomba, peserta dari sejumlah daerah di Tanah Air. Para pereli akan menempuh jarak total sepanjang 333,86 Km yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

Di tengah berlangsungnya reli, masyarakat dari Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita atau Lamtoras Sihaporas melakukan aksi bentang spanduk di jalur lintasan para pereli.

Dilakukan pada Minggu, 7 Agustus 2022. Masyarakat adat memajang spanduk di posko mereka di Buntu Pangaturan, Sihaporas, Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Baca juga:

Korban Penganiayaan Humas PT TPL Gugat Polres dan Kejaksaan di Simalungun

Spanduk misalnya tertulis, `Anda memasuki kawasan adat Lamtoras-Sihaporas. Tutup TPL` dan `Cabut Izin PT TPL di wilayah adat Lamtoras-Sihaporas. Tutup TPL`.

Seorang warga di sana mengirimkan kepada Opsi, video pendek saat mobil-mobil pereli melintas jalan di sekitar posko masyarakat adat tersebut. 

Sebelumnya, Wagubsu saat membuka kejurnas mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumut akan mendorong dan mendukung event sport tourism untuk terus ada di Sumut.

Dia lantas menyebut pada 23-25 September 2022 akan ada event dunia yang menurutnya bukan hanya terbatas untuk promosi pariwisata Danau Toba.

Tapi juga promosi Indonesia secara keseluruhan dan membuktikan kalau event-event dunia aman dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Sumut. 

Katanya, promosi ini akan menggerakkan ekonomi sehingga harus didukung semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Forkopimda Simalungun. 

Dewan Pembina PP IMI Nanan Soekarna mengatakan gelaran Danau Toba Rally 2022 mendukung sport tourism, pariwisata, dan ekonomi kreatif. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya