News Selasa, 27 Agustus 2024 | 13:08

Partai Golkar Beralih Dukung Airin Rachmi-Ade Sumardi di Pilgub Banten

Lihat Foto Partai Golkar Beralih Dukung Airin Rachmi-Ade Sumardi di Pilgub Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Partai Golkar resmi mengusung pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi maju di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Keputusan ini sekaligus membatalkan dukungan yang sebelumnya diberikan Golkar kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Formulir rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi, diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia.

"Hari ini Golkar memberikan B1KWK kepada pasangan calon Gubernur Provinsi Banten yaitu Ibu Airin dari Golkar dan wakilnya yaitu Pak Ade Sumardi," kata Bahlil Lahadalia di Kantor DPP Golkar, Selasa, 27 Agustus 2024.

Ia berpandangan, Airin merupakan sosok yang pas untuk diusung maju di Pilkada Banten. Irin, kata diam merupakan anak kandung dari Partai Golkar.

"Airin adalah anak kandung Golkar. Sebagai ibu, rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan untuk kompetisi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyerahkan formulir rekomendasi dukungan kepada enam pasangan bakal calon kepala daerah (Cakada) untuk kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Pengumuman enam bakal calon gubernur dan wakil gubernur itu dari 60 calon kepala daerah yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Pada pengumuman gelombang ketiga ini, ada juga 38 bakal calon bupati dan calon wakil bupati, serta 16 bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota yang diusung pada Pilkada Serentak 2024.

Pembacaan nama-nama calon kepala daerah dilakukan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Berikut nama enam bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi diusung PDIP untuk Pilkada Serentak 2024:

1. Sulawesi Utara: Steven Kandouw-Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten: Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi

3. Jawa Tengah: Andika Perkasa-Hendrar Prihadi atau Hendi.

4. Gorontalo: Hamzah Isa-Andurrahman Abubakar Bahmid.

5. Nusa Tenggara Timur: Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto.

6. Kalimantan Utara: Andi Sulaiman-Andri Partono.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya