Daerah Sabtu, 15 Oktober 2022 | 13:10

Pasca Banjir, Ratusan Hektare Sawah di Mamuju Gagal Panen, Warga Rugi Puluhan Juta

Lihat Foto Pasca Banjir, Ratusan Hektare Sawah di Mamuju Gagal Panen, Warga Rugi Puluhan Juta Sawah warga di Lingkungan Sampoang, Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar, yang gagal panen tertimbun lumpur. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Pasca banjir bandang melanda Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), ratusan hektar sawah milik warga tertimbun lumpur.

Salah satunya di Lingkungan Sampoang, Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar.

Salah seorang pemilik sawah yang terdampak banjir, Muhammad Saleh mengungkapkan, sebanyak empat hektar sawahnya kini tertimbun lumpur dan material longsor.

"Semua sudah ditanami padi, bahkan ada yang sudah berbuah," kata Saleh, saat diwawancarai wartawan, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Ia pun mengaku, mengalami kerugian hingga sebesar Rp 60 juta, jika menghitung pengeluaran mulai dari proses penanaman hingga perawatan padi miliknya yang sudah tertimbun.

"Mulai dari proses tanam itu sudah Rp 5 juta perhektarnya, ditambah lagi perawatan padi, sangat rugi saya ini," katanya.

Saleh berharap, perhatian pemerintah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi, sehingga para petani sawah yang terdampak tidak mogok bersawah.

"Kalau 5 tahun ini tidak ada tindakan pemerintah, warga akan kelaparan," kata Saleh. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya