News Rabu, 09 Agustus 2023 | 11:08

Pasca Kunjungan Prabowo, Partai Solidaritas Indonesia Diterpa Hoaks dan Fitnah

Lihat Foto Pasca Kunjungan Prabowo, Partai Solidaritas Indonesia Diterpa Hoaks dan Fitnah Wasekjen DPP PSI Rizka Putri Abner. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Beredar luas di media sosial video aksi mengundurkan diri sejumlah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Video tersebut terungkap berada di Palembang, Sumatra Selatan. 

Terkait kejadian itu, DPP PSI melalui Wasekjen Rizka Putri Abner memberikan penjelasan secara gamblang ke publik.

Dikutip dari akun Instagram PSI, Putri Abner melalui keterangan visual menyebut hal itu adalah berita bohong atau hoaks.

"Sis dan bro, belakangan beredar berita bohong di media sosial dan aplikasi percakapan tentang PSI, ini datang bertubi-tubi sejak kunjungan silaturahmi Pak Prabowo dan pengurus Gerindra di kantor DPP PSI," terangnya dikutip Rabu, 9 Agustus 2023. 

Salah satu hoaks kata dia, adalah ramainya kader PSI di Palembang mengundurkan diri. 

Video yang disebarluaskan seolah menunjukkan kader-kader PSI di Palembang beramai-ramai mengundurkan diri setelah kunjungan silaturahmi Prabowo. 

"Faktanya video itu adalah video lama. Peristiwa yang terjadi juga bukan pengunduran diri. Melainkan pemecatan, PSI memecat oknum pengurus yang meminta mahar kepada bacalegnya PSI," ujarnya.

BACA JUGA: PSI Dorong RDF sebagai Solusi Penanganan Sampah di Kota-Kota Besar

PSI kemudian melakukan penggantian kepengurusan DPD di sana, dengan menempatkan pengurus wajah baru dan memastikan tidak ada lagi kejadian serupa. 

"Kami tidak bisa menjamin isi hati orang per orang, tapi kami bisa membuat dan menjalani sistem pengawasan dan penindakan yang ketat dan tegas," tuturnya. 

Putri Abner menegaskan, mahar membuat biaya politik semakin mahal, apalagi ketika terpilih nanti. Godaan untuk melakukan korupsi juga akan semakin besar.

"Itu sebabnya PSI anti mahar," pungkasnya.

Tak cuma berita bohong, fitnah juga menyerang Ketua Dewan Pembina PSI Jeffrie Geovanie.

Dia dituduh memiliki istri muda yang disebut dekat dengan Cendana. Soal fitnah ini diungkap Politisi PSI Ade Armando, sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya, Rabu, 9 Agustus 2023.

"Cyber troops mulai main kotor. Ketua Dewan Pembina PSI, Jeffrie Geovanie difitnah punya istri muda, adik Syahrini. Syahrini menikah dengan putra Roosano Barack yang dekat dengan Bambang Tri dan Tutut, putra-i Soeharto. Jadi fitnah ini dibuat agar orang menganggap PSI dekat dengan Cendana!," ungkapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya