News Selasa, 02 Mei 2023 | 16:05

Paskah Nasional GMKI, Kader Diharapkan Sebagai Pelopor Pengamalan Nilai Pancasila

Lihat Foto Paskah Nasional GMKI, Kader Diharapkan Sebagai Pelopor Pengamalan Nilai Pancasila Peserta perayaan paskah nasional yang digelar GMKI. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Depok - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) gelar perayaan Paskah Nasional 2023 di Gereja Gerakan Pentakosta, Kota Depok pada Minggu, 30 April 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut dihadiri oleh civitas GMKI se-Tanah Air.

Sebelum pelaksanaan ibadah Paskah, Kombes Pol Langgeng Purnomo terlebih dahulu memberikan materi "Manusia Menjadi Berlian atau Lumpur, Kehinaan dalam Ekosistem Kehidupan?".

"Saya berharap dalam momentum perayaan besar umat Kristen ini, seluruh kader GMKI se-Tanah Air menjadi pelopor yang bisa mengamalkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Purnomo.

Lanjut Purnomo, "kader GMKI harus dapat menjadi manusia-manusia mutiara buat kemajuan bangsa dan negara".

Khotbah perayaan Paskah Nasional GMKI dibawakan Direktur Nasional LPMI Pdt Drs Wim Waitara, MTh.

Dalam khotbahnya Pdt Wim menekankan akan peran GMKI sebagai sebuah gerakan kader.

"GMKI dalam aktivitasnya harus berjalan seirama dengan tema dan subtema GMKI yang disepakati dalam Kongres GMKI," tegas Pdt Wim.

BACA JUGA: Sekum PP GMKI Apresiasi Polri, BIN, dan TNI Amankan 3 Hari Besar Keagamaan

Dengan tema ”Bangkitlah, Baharuilah Hidupmu dan Beritakanlah Injil” yang diambil dari Markus 2: 1-12, Pdt Wim berpesan agar GMKI menjadi terang bagi bangsa dan negara.

Sekretaris Umum PP GMKI, Artinus Hulu menutup rangkaian pagelaran Paskah Nasional GMKI 2023 dengan menyampaikan Pesan Paskah bertajuk "Pujian Bagi Tuhan dan Ujian Bagi Manusia".

"Ada dua hal penting yang perlu kita refleksikan dalam momentum Paskah kali ini. Pertama, Perayaan

Paskah adalah bentuk ungkapan segala puji dan syukur bagi Tuhan. Kedua, Paskah adalah ujian bagi manusia," sebut Artinus Hulu.

Komitmen dan konsistensi GMKI terus diuji. Ketaklukan dan ketundukan kita terhadap ajaran kasih Kristus diuji dari waktu ke waktu.

Paskah mengajak kita untuk sejenak merefleksikan jalan panjang kehidupan kita dalam persekutuan kasih Kristus. 

"Bahwa pengorbanan dan kebangkitan-Nya telah memperbaharui dan menggairahkan hidup manusia," ungkap Hulu.

Dalam acara tersebut, hadir beberapa organisasi kepemudaan dan forum umat beragama, diantaranya GP Ansor, Pemuda Katolik, dan Banser sekaligus ikut mengawal dan mengamankan kegiatan ibadah Paskah tersebut.

Beberapa undangan yang hadir dari kelompok Kristen, diantara PGI, PSPI Muki, PGLII, PBI, Pemuda Gereja Toraja Depok, Basolia Kota Depok. 

Kemudian Cabang-cabang GMKI yang hadir dalam kegiatan tersebut Wilayah-III GMKI (Depok, Jakarta, Jakarta Barat, Bekasi, Karawang, Serang, Bandung, Sumedang, Bogor), GMKI Cabang Makassar, Denpasar, Palangkaraya, dan Tual.

Adapun undangan perorangan di antaranya, Koordinator Relawan Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI), Kabiro SDM Polda Metro Jaya, dan anggota DPRD Kota Depok Reinnova Donny.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya