News Senin, 14 Maret 2022 | 09:03

Paspampres Cegah Malaria dan Ular Berbisa di Lokasi Presiden Jokowi Kemah

Lihat Foto Paspampres Cegah Malaria dan Ular Berbisa di Lokasi Presiden Jokowi Kemah Tenda di lokasi Presiden Jokowi kemah di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. (foto: ist).

Jakarta - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah menyiapkan skenario pengamanan saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi Utomo menginformasikan, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, jajarannya juga telah melakukan fogging di sekitar area kemah untuk mencegah penyakit malaria.

Pihaknya juga menabur garam di luar tenda untuk mengantisipasi binatang melata juga mempersiapkan bisa anti ular.

Baca jugaHari Ini Presiden Jokowi dan Semua Gubernur Gelar Ritual Kendi Nusantara di IKN

"Dilaksanakan pencegahan khususnya malaria, yaitu sudah di-fogging di sana. Kemudian keamanan lainnya di sekitaran tenda-tenda terutama di sekitaran VIP sudah kita sebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk antisipasi binatang melata," kata Mayjen Tri Budi Utomo dalam keterangan pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Minggu, 13 Maret 2022.

"Dan itu pun juga kita siapkan bisa anti ular yang juga akan berguna. Namun, mudah-mudahan tak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman," ujar dia lagi. 

Baca jugaSinggung Ritual Kendi Nusantara, Roy Suryo Doakan Nasib IKN Tak Seperti Esemka

Tri mengharapkan jajaran TNI-Polri bisa menjaga kawasan ring 2 dan ring 3 di sekitar Jokowi akan berkemah, sedangkan ring 1 ada dalam ranah Paspampres. Dia ingin keamanan Presiden Jokowi sangat terjamin.

"Kemudian juga untuk keamanan dari lingkaran yang luar kita sudah koordinasi ketat dengan pangdam dan kapolda, mudah-mudahan ring 2 dan 3 ini sudah tercover. Sehingga keamanan ring 1 bisa sangat menjamin untuk keamanan beliau," kata Tri. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya