News Selasa, 03 September 2024 | 13:09

Paus Fransiskus Tak Menggunakan Fasilitas Mewah Selama di Indonesia

Lihat Foto Paus Fransiskus Tak Menggunakan Fasilitas Mewah Selama di Indonesia Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus tiba di Indonesia, Selasa, 3 September 2024.(Foto:Istimewa)

Jakarta - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus dipastikan tidak menginap di hotel berbintang, melainkan menginap di Kedutaan Besar Vatikan, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan juga akan menggunakan mobil sipil setibanya di Jakarta pada Selasa, 3 September 2024.

Kendati demikian, ia enggan mengungkapkan rute yang akan dilalui Paus Fransiskus.

"Kalau rute saya juga enggak bisa cerita karena itu apa namanya disiapkan sampai detik terakhir, namun intinya Bapak Paus akan menginap di Kedutaan Besar Vatikan, jadi tidak menginap di hotel," kata Jonan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin, 2 September 2024.

Adapun mobil sipil yang digunakan Paus Fransiskus, yakni Toyota Kijang Innova Zenix.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya," ujarnya.

Dia menegaskan, keamanan Paus tetap menjadi prioritas. Namun, ia tak mau mengungkap keamanan yang dimaksud karena hal itu urusan Paspampres.

"Gini, kalau itu kami tidak bisa cerita ya, jadi mungkin bisa ditanyakan nanti ke Paspampres saja, enggak rahasia, itu porsinya Paspampres bukan saya, gitu," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Paus Fransiskus akan menggunakan mobil produksi Pindad, yakni Maung, untuk menyapa umat Katolik saat misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau misa di GBK gitu," ucap Ignasius Jonan.

Diketahui, dalam kunjungan itu, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri sejumlah acara, mulai pertemuan dengan Presiden Jokowi, kunjungan ke Masjid Istiqlal, kegiatan di Katedral Jakarta, hingga misa di Stadion GBK.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya