News Senin, 21 Maret 2022 | 15:03

Pawang Hujan Mandalika Jadi Sorotan, Sandiaga: Ini Atraksi Kearifan Lokal

Lihat Foto Pawang Hujan Mandalika Jadi Sorotan, Sandiaga: Ini Atraksi Kearifan Lokal Pawang hujan Mandalika. (foto: MotoGP)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pawang hujan sirkuit Mandalika 2022 yang jadi perbincangan di media sosial adalah bagian dari atraksi kearifan lokal yang menarik perhatian.

"Ini bagian dari atraksi kearifan lokal, budaya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tapi tentunya Allah SWT yang tentunya berkehendak balapan tertunda 1 jam dan bisa terlaksana. Ini jadi momen yang berkesan bukan hanya pembalap tapi juga masyarakat Indonesia," ujar Sandiaga dikutip Opsi dari keterangan resminya, Senin, 21 Maret 2022.

MotoGP Mandalika 2022 digelar Pertamina Mandalika International Street Circuit selama tiga hari mulai dari 18 hingga 20 Maret 2022. Namun, di puncak pelaksanaan, tepatnya jelang race kelas MotoGP, hujan deras mengguyur area sirkuit yang membuat balapan terpaksa ditunda satu jam.

Baca jugaWanita Kelahiran Jayapura Ini Viral Seantero Dunia Berkat Aksinya di Mandalika, Segini Honornya

"Kita lihat race berjalan lancar. Namun, tentunya kita juga sangat bersyukur karena hujan yang sempat menunda start akhirnya mereda berkat doa dari setiap (pihak) dan akhirnya kita melihat race yang sangat menarik," kata Sandiaga.

Politikus Gerindra ini mengungkapkan, saat hujan pihak pelaksana langsung melakukan koordinasi. Setelah melihat data-data yang ada maka diputuskan balap ditunda selama 1 jam. Sebab, selain trek yang basah, yang dikhawatirkan dalam kondisi itu adalah jarak pandang pembalap.

Baca jugaPanitia Izinkan Pawang Hujan Beraksi di Sirkuit Mandalika

"Jadi terus terang saat hujan kami berkoordinasi kami memastikan bahwa gelaran ini harus sesuai dengan kaidah keselamatan bagi para riders dan juga keselamatan seluruh kru," ujar Sandiaga.

Hingga akhirnya hujan reda dan pihak penyelenggara memutuskan balap bisa kembali dimulai. Pembalap pun mengaku terkesan dengan kondisi tersebut.

"Saya berbicara dengan beberapa pembalap, ini adalah pengalaman pertama mereka. Selain pertama kalinya balap di trek Mandalika, tapi juga balapan dalam keadaan hujan seperti ini. Ini pengalaman yang sangat berkesan buat mereka," ujar Menparekraf Sandiaga Uno. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya