News Jum'at, 27 Oktober 2023 | 06:10

PDI-P Pecat Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka

Lihat Foto PDI-P Pecat Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka Gibran Rakabuming Raka. (Foto: ist)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Ketua Bidang Kehormatan DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Komarudin Watubun mengatakan, status Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai kader PDIP telah berakhir.

Kata dia, berakhirnya status Gibran sebagai kader PDIP kala putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal Cawapres Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dia menjelaskan secara de facto, keanggotaan Gibran di PDI Perjuangan telah berakhir setelah pendaftarannya secara resmi menjadi Cawapres dari KIM.

"Teman-teman wartawan santai saja. Tidak perlu heboh. Dalam organisasi partai, keluar, pindah, berhenti dan beralih itu hal yang biasa," kata Komarudin dalam keterangannya, Kamis, 26 Oktober 2023.

Dia menuturkan, Gibran tidak tegak lurus dengan instruksi partai, maka dia otomatis tidak lagi di PDI Perjuangan.

"Tapi ingat, keluar satu kader, ada banyak kader-kader partai baru yang potensial bergabung dengan partai dan TPN Ganjar-Mahfud,” tegasnya.

Komarudin menyebut, dirinya dalam pertemuannya dengan Gibran pada 19 Mei 2023, sempat memberinya nasihat untuk tegak lurus dengan keputusan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sebab, partainya sudah memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

“Saat itu, sebagai kader yang yunior, kami tidak menjatuhkan sanksi. Kami berikan nasihat untuk patuh pada aturan partai,"kata dia.

Padahal saat itu Gibran berjanji akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu Ketua Umum.

Sebelumnya, Gibran tak banyak berkomentar saat ditanya rencana pengembalian Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI Perjuangan atau PDIP.

Terkait statusnya di PDIP Gibran mengatakan sudah jelas dan tidak perlu diperdebatkan.

Dirinya tak menjelaskan lebih detail apakah ia masih menjadi kader PDIP atau tidak.

Ia menyebut, terkait statusnya sebagai kader PDIP sudah dibicarakan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani pada Jumat, 20 Oktober 2023.

"Sudah saya jawab dari Minggu lalu. Sudah dari Minggu lalu pertemuannya," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya