News Senin, 01 Juli 2024 | 15:07

PDIP Persiapkan 3 Menteri Jokowi Untuk Pilkada Jakarta 2024

Lihat Foto PDIP Persiapkan 3 Menteri Jokowi Untuk Pilkada Jakarta 2024 Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist)

Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan tiga kader yang merupakan menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partai politik berlambang banteng tersebut siap mendorong dan memberikan kesempatan sebagai langkah kaderisasi secara sistemik.

Nama tiga menteri itu, yakni Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

"Proses kaderisasi telah dilakukan, sejak awal kita telah meng-gromming kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," kata Hasto saat menghadiri Festival Bulan Bung Karno di Jakarta, Minggu, 30 Juni 2024.

Ia menjelaskan, penyodoran nama-nama kader internal dalam kontestasi pemilu perlu dilakukan oleh PDIP sebagai cara untuk menjaga eksistensi partai dalam mengarungi konstelasi politik di Indonesia.

Selain itu, gagasan PDIP soal konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya, bisa berjalan pasti jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

"Meskipun demikian, kerja sama dengan partai politik lain dilakukan dengan melihat aspek-aspek peta politik yang khas di daerah," tuturnya.

Selain tiga nama menteri tersebut, sambungnya, ada sosok kader PDIP lainnya yang disiapkan untuk Pilkada Jakarta. Mereka di antaranya, mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua DPP PDIP yang juga Anggota DPR RI Eriko Sotarduga.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan. Kendati demikian, Hasto menuturkan PDIP terbuka dengan partai politik mana pun untuk melakukan komunikasi soal Pilkada 2024.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya