News Kamis, 11 Juli 2024 | 13:07

PDIP Sindir 'Pengaruh Mertua' Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Ini Respons Jokowi

Lihat Foto PDIP Sindir 'Pengaruh Mertua' Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Ini Respons Jokowi Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi pernyataan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat yang menuding banyaknya dukungan kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution untuk maju di Pilgub Sumut lantaran pengaruhnya.

Tak hanya Djarot, berbagai pihak pun mengamini hal tersebut mengingat Bobby Nasution adalah menantu Presiden Jokowi.

Menyoal itu, Kepala negara menyebut segala sesuatu yang berhubungan dengan Pilkada merupakan kewenangan masing-masing partai politik. 

"Tanyakan partai-partai. Partai itu pintar-pintar, biasanya yang dilihat elektabilitas," kata Jokowi di Lampung Selatan seperti mengutip video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 11 Juli 2024.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi, Mendag sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas kemudian tersenyum dan menimpali jawaban tersebut.

"Kita pilih yang menang dong," kata Zulhas.

Lantas, Jokowi hanya tersenyum mendengar pernyataan Zulhas. Ia pun kembali mengingatkan bahwa setiap parpol memiliki strateginya masing-masing dalam menentukan calon kepala daerah yang bakal diusung.

"Yang dilihat biasanya elektabilitas. Jangan dipikir itu partai, partai itu pintar-pintar apalagi ketuanya," ucap Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, banyaknya dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju pada Pilgub Sumut mendapat respons dari Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Ia pun mempertanyakan pengaruh mertua Bobby, yaitu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, bertalian dengan dukungan tersebut.

"Untuk Mas Bobby sudah dapat, itu karena Mas Bobby-nya atau karena mertuanya?" kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu, 9 Juli 2024.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa PDIP tidak pesimistis menghadapi Bobby di Pilkada Sumut. Dia berpendapat, banyaknya dukungan partai belum bisa menjamin kemenangan.

"Belum tentu juga, pendukung partai yang banyak gitu, raksasa, gemuk gitu ya, itu pasti menang. Super koalisi kek, atau super apa ya, gemuk banget, ya itu belum tentu juga karena yang menentukan kan rakyat juga," ujarnya.

Diketahui, saat ini Bobby Nasution telah mengantongi dukungan enam partai di DPRD Sumut, di antaranya Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, dan NasDem.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya