News Kamis, 27 April 2023 | 15:04

PDIP Soal Cawapres Ganjar Pranowo: Kami Lakukan Analisis Semua Nama-nama yang Muncul

Lihat Foto PDIP Soal Cawapres Ganjar Pranowo: Kami Lakukan Analisis Semua Nama-nama yang Muncul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng)

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo selaku bakal calon presiden (bacapres) akan ditetapkan oleh partai politik atau koalisi partai politik.

"Ini `kan calon presiden dan calon wakil presiden diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. Ini adalah amanat konstitusi yang kita pegang dengan teguh, dengan penuh kedisiplinan," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April 2023.

Ia menyebut keputusan terkait cawapres yang bakal mendampingi Ganjar Pranowo akan ditetapkan setelah berbagai tahapan kerja sama politik mencapai titik final.

Hal ini sekaligus menegaskan sikap PDI Perjuangan terkait PPP yang mendorong kader internal partainya untuk menjadi bakal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar.

Adapun beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangan PDI Perjuangan dalam menganalisis bakal calon wakil presiden adalah aspek historis, aspek komitmen di dalam membangun desain bagi masa depan Indonesia, kompetensi, hingga rekam jejak dari sosok tersebut.

"Kami lakukan analisis terhadap aspek-aspek historisnya, aspek komitmennya di dalam membangun desain bagi masa depan, kompetensinya, `track record`-nya, kami lakukan analisis semua dari nama-nama yang muncul itu," ujarnya.

Lantas, Hasti pun merujuk nama-nama bakal calon wakil presiden yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi setelah menjalankan salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 22 April 2023.

Dalam nama-nama yang disebutkan terdapat Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya