News Jum'at, 23 Desember 2022 | 16:12

Pedagang dan Jokowi Girang Harga Bahan Pokok Jelang Natal Terkendali

Lihat Foto Pedagang dan Jokowi Girang Harga Bahan Pokok Jelang Natal Terkendali Pedagang sayuran di Pasar Cigombong dan Presiden Jokowi, Jumat, 23 Desember 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pedagang Pasar Cigombong, Jawa Barat dan Presiden Jokowi sama-sama senang dan lega harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru terkendali hingga Jumat, 23 Desember 2022.

Sejumlah bahan pokok, seperti cabai yang sempat menyentuh Rp 60 ribu per kilogram (Kg) kini hanya Rp 30 ribu per Kg.

Tomat yang sempat viral mencapai Rp 20 ribu per Kg, kini harganya di Pasar Cigombong Rp 8 ribu per Kg.

Beberapa bahan kebutuhan mengalami kenaikan tapi tidak cukup drastis, seperti daging beku dari harga Rp 85 ribu per Kg menjadi Rp 95 ribu per Kg.

Bawang merah juga mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000 dari harga normalnya. Demikian juga beras sedikit mengalami kenaikan.

Namun harga-harga tersebut menurut Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Cigombong, Jumat, 23 Desember 2022, cukup terkendali.

Baca juga: Mendagri Keluarkan Surat Edaran Pelarangan Petasan saat Nataru

Presiden ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sengaja mengecek harga-harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Saya senang beberapa barang tadi harganya turun,” ujar Presiden.

Disebutnya, harga yang terkendali tidak saja di Jawa Barat. Kondisi serupa juga di daerah lain di Tanah Air.

“Kayak cabai sekarang turunnya agak drastis sampai ke Rp 30 ribu biasanya di atas Rp 60 ribu, sudah Rp 30 ribu, misalnya. Jadi sangat baik menjelang Natal dan tahun baru. Mungkin yang agak sedikit naik mungkin beras,” katanya.

Melki, seorang pedagang sayuran di Pasar Cigombong mengaku harga kebutuhan pokok cenderung stabil. Bahkan hampir 50 persen harga di pasar menurun.

Dia lalu berharap harga-harga kebutuhan untuk Natal dan Tahun Baru tetap stabil dan pemerintah diminta menjaganya dengan baik agar daya beli masyarakat meningkat.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya