Daerah Senin, 06 Juni 2022 | 12:06

Pekerja Proyek Asal Ciamis yang Tenggelam Ditemukan Tewas di Dasar Danau Toba

Lihat Foto Pekerja Proyek Asal Ciamis yang Tenggelam Ditemukan Tewas di Dasar Danau Toba Petugas SAR mengevakuasi jasad pekerja proyek asal Jawa Barat yang tenggelam di Danau Toba. (Foto: Dok. SAR)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan - Tim Rescuer Pos SAR Parapat akhirnya menemukan jasad pekerja proyek asal Ciamis, Provinsi Jawa Barat yang tenggelam di Danau Toba, Sumatra Utara.

Korban Aljab Maulana (21) berhasil ditemukan setelah petugas rescuer melakukan pencarian dengan cara penyelaman dan menggunakan alat pendeteksi bawah air yaitu Aqua Eyes.

"Korban ditemukan Senin hari ini sekitar pukul 10.20 WIB," kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus, Senin, 6 Juni 2022.

Dia mengatakan, tim SAR gabungan melakukan penyelaman dengan menyisir menggunakan alur tali, hingga akhirnya korban ditemukan dengan kedalaman lima meter.

"Tim langsung  mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia, dan diserahkan kepada pihak PT WIKA yang selanjutnya dibawa ke RSU Pangururan. Dengan ditemukannya korban, seluruh unsur SAR yang terlibat telah dikembalikan ke satker masing-masing dan operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," ujarnya.

Sebelumnya, empat orang pekerja proyek Jembatan Tano Ponggol tenggelam di Danau Toba, tepatnya di Aek Tano Ponggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Akibat kejadian itu, satu di antaranya dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian tim SAR. Sedangkan tiga lainnya berhasil diselamatkan.

Menurut informasi, empat pekerja proyek itu pada Minggu, 5 Juni 2022 sekitar pukul 17.45 WIB, sedang asyik berenang di Danau Toba.

Namun tiba-tiba keempatnya tenggelam. Warga yang mengetahui itu langsung melakukan penyelamatan dan berhasil menyelamatkan tiga orang.

Sedangkan satu orang lagi, Aljab Maulana (21), warga Ciamis, Jawa Barat, gagal diselamatkan karena dalamnya Danau Toba, di mana hal itu menyebabkan warga yang berusaha menolong kelelahan dan melepaskan korban.

Selanjutnya, warga yang telah berusaha menolong korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah setempat dan diteruskan ke Pos SAR Parapat Danau Toba.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya